Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KAI Tunggu Sertifikasi Kereta Tambahan Lebaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 24 Februari 2019, 23:36 WIB
KAI Tunggu Sertifikasi Kereta Tambahan Lebaran
Ilustrasi/Net
rmol news logo PT Kereta Api Indonesia (Persero) menunggu proses sertifikasi tiga rangkaian kereta sebelum dioperasikan sebagai kereta tambahan untuk angkutan Lebaran 2019.

Direktur Utama KAI Edi Sukmoro mengatakan, rangkaian kereta itu merupakan bagian dari seluruh kereta yang dipesan KAI dari PT INKA tahun lalu. Jumlah kereta yang dipesan tahun 2018 berjumlah 38 rangkaian yang terdiri dari 438 kereta.

"Ada beberapa trainset yang akan datang dari INKA. Kereta baru itu belum bisa langsung dioperasikan, karena harus kita sertifikasikan terlebih dahulu," jelasnya dalam konferensi pers di Ruang Posko Stasiun Gambir, Jakarta, Minggu (24/2).

Dia menjelaskan, untuk angkutan Lebaran 2019, KAI menyiapkan 356 KA reguler dan 50 KA tambahan. Total ada 406 KA dengan kapasitas 247.010 tempat duduk.

Sebanyak 50 KA tambahan Lebaran terdiri dari 27 KA eksekutif dan bisnis, 11 KA ekonomi non PSO, empat KA ekonomi PSO, dan delapan KA yang memanfaatkan rangkaian idle.

"Nanti sebulan setelah ini kami akan mengumumkan kembali karena ada beberapa trainset yang akan datang dari INKA," ujar Edi.

Kepala Humas PT KAI Agus Komarudin menembahkan, dari pemesanan total 38 trainset, sebanyak 26 diantaranya sudah beroperasi. Tiga unit trainset sudah selesai produksi dan masih tahap uji sertifikasi, sementara sisanya masih diproduksi di pabrik PT INKA di Madiun.

"Ada tiga trainset yang masih uji sertifikasi. Diharapkan sudah beroperasi untuk Lebaran nanti," katanya. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA