Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Eks Karyawan Freeport: Pak Jokowi Belum Terima Surat Komnas HAM

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 13 Februari 2019, 17:32 WIB
Eks Karyawan Freeport: Pak Jokowi Belum Terima Surat Komnas HAM
Demonstran eks karyawan Freeport di depan Istana Negara/RMOL
rmol news logo Setelah lebih dari seminggu demonstrasi berlangsung, Presiden Joko Widodo akhirnya mau menerima perwakilan eks karyawan PT Freeport Indonesia. Pertemuan berlangsung di Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (13/2).

Salah satu yang diterima Jokowi adalah Ketua Tim Pekerja Eks Freeport Indonesia, Jerry Jerangga. Dia bersama dua temannya mewakili 8.300 eks karyawan korban pemutusan hubungan kerja Freeport Indonesia.

Jerry menjelaskan hasil pertemuannya yang kurang memuaskan. Ternyata, Jokowi belum menerima surat rekomendasi dari Komnas HAM terkait dugaan pelanggaran berat hak asasi manusia yang dilakukan Freeport Indonesia kepada karyawan.

"Surat-surat yang dikasih Komnas HAM, semacam rekomendasi yang salah satu isinya pelanggaran berat dilakukan oleh Freeport. Pak Jokowi dengan spontan menjawab belum menerima surat," jelas Jerry saat ditemui di depan Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/2).

Tidak hanya surat dari Komnas HAM yang diakui Jokowi belum diterimanya. Ada pula surat rekomendasi dari putra daerah Papua yang pernah menjabat Menteri Perhubungan, Freddy Numberi, yang tidak dibaca Jokowi.

"Pak Freddy Numberi juga berkirim surat. Tapi, sama juga. Tidak sampai ke presiden," tambah Jerry.

Karena itu, lanjut Jerry, Jokowi berjanji memerintahkan menteri-menteri yang terkait persoalan Freeport untuk berkoordinasi di Istana Negara.

"Pak Presiden akan memanggil pihak-pihak terkait, menteri-menteri yang berhubungan dengan kita. Menteri ESDM, Kemnaker, juga dari Freeport sendiri," ungkapnya.

Sayangnya Jerry tak mendapat kepastian waktu kapan Jokowi akan memanggil para menteri.

"Jokowi belum menjawab pastinya kapan. Yang jelas akan memanggil secara langsung dalam waktu dekat," jelas Jerry. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA