Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Akan Lantik Gubernur Jambi Pengganti Zumi Zola

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Rabu, 13 Februari 2019, 14:51 WIB
Jokowi Akan Lantik Gubernur Jambi Pengganti Zumi Zola
Fachrori Umar/Net
rmol news logo . Presiden Jokowi akan melantik Wakil Gubernur Jambi Fachrori Umar sebagai Gubernur Jambi menggantikan Zumi Zola yang tersandung kasus korupsi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Penggantian Fachrori diusulkan oleh DPRD Provinsi Jambi untuk kemudian diangkat menjadi Gubernur Jambi pada sisa masa jabatan periode 2016-2021.

Pelantikan Fachrori Umar bersamaan dengan pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Istana Negara Jakarta, Rabu (13/2) pukul 15.30 WIB.

Usulan pengangkatan Gubernur Jambi tersebut dilakukan pada Sidang Parpurna DPRD Jambi yang dipimpin Ketua DPRD Cornelis Buston di Jambi, Selasa (22/1).

Zumi Zola resmi diberhentikan dari jabatan sebagai Gubernur Jambi melalui Keppres setelah terbukti bersalah menerima gratifikasi dan memberi suap terkait pengesahan APBD Tahun Anggaran 2018.

Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta memberikan vonis enam tahun penjara ditambah denda Rp 500 juta subsider tiga bulan kurungan.

Majelis hakim juga menjatuhkan tambahan pidana untuk Zola berupa pencabutan hak untuk dipilih dalam jabatan publik selama lima tahun sejak selesai menjalani pidana pokok. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA