Dempol Institute Memerangi Jurnalis Abal-Abal Lewat Film

Senin, 11 Februari 2019, 14:45 WIB | Laporan: Adityo Nugroho
Dempol Institute menggelar diskusi publik bertajuk "Memberantas Jurnalis Abal-Abal" di gedung Dewan Pers, Jakarta, Senin (11/2).

Acara yang diselenggarakan atas kerjasama dengan Dewan Pers ini menghadirkan Kadivhumas Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal, Ketua Dewan Pers Yosep Adi Prasetyo dan perwakilan dari Kemenkominfo Ferdinand, dan Wakil Ketua Perhumas Heri Rakhmadi serta dimoderatori oleh wartawan senior Teguh Santosa.

Dalam sambutannya, Ketua Dempol Muhammad Agus Jauhari menyatakan pihaknya mendapat program untuk membuat film pendek berjudul "Memberantas Jurnalis Abal-Abal".

“Ketika saya bekerja di insan pers kebetulan saya bertemu legenda-legenda Jawapos, Pak Djono W Oesman yang kebetulan mendapat pekerjaan film sosialisasi tentang melawan jurnalis abal-anak mengundang beliau sebagai penulis skenario sekaligus sutradaranya,” kata Agus.

Film berdurasi 7 menit 21 detik itu sudah sejak sebulan terakhir beredar di Youtube.

Dalam film tersebut digambarkan salah satu teknis pemerasan. Pengusaha perekayasa pajak diperas wartawan abal-abal (gadungan). Teknis pemerasan digambarkan secara vulgar. Sementara sang  pengusaha perekayasa pajak  karena takut memilih untuk memberi hadiah saat digertak si pemeras.

Sang sutradara Djono W Oesman juga hadir dalam diskusi tersebut. Kadivhumas Mabes Polri Irjen Pol M Iqbal mengakak usai menyaksikan film tersebut.

Agus berharap film ini menghasilkan manfaat untuk memberantas jurnalis abal-abal.

“Kita ambil hikmahnya dan apa saja yang terbaik untuk kebaikan jurnalistik ke depan,” pungkasnya.[hta]

Editor: Tuahta Arief

Kolom Komentar


Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019