Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diguncang Gempa, Ratusan Warga Pulau Morotai Mengungsi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 08 Februari 2019, 00:53 WIB
Diguncang Gempa, Ratusan Warga Pulau Morotai Mengungsi
Ilustrasi/Net
rmol news logo Badan Nasional Penanggulangan Bencana mencatat ratusan warga di Pulau Morotai, Maluku mengungsi setelah gempa dengan magnitudo 5,3 Skala Richter mengguncang pada Kamis petang (7/2).

Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, ratusan warga dari dua kecamatan menetap sementara di tenda-tenda pengungsian.

"Lebih 800 jiwa mengungsi yaitu di Kecamatan Morotai Timur kurang lebih 500 jiwa mengungsi ke tempat aman, dan lebih dari 300 jiwa di Kecamatan Morotai Utara," jelasnya kepada wartawan.

Lanjut Sutopo, saat ini Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Kabupaten Morotai masih melakukan pendataan atas dampak gempa.

"TRC BPBD Kabupaten Pulau Morotai masih melakukan pendataan dampak gempa di Kecamatan Morotai Timur dan Kecamatan Morotai Utara. TRC BPBD Kabupaten Pulau Morotai saat ini sedang memberikan arahan kepada masyarakat di Kecamatan Morotai Timur untuk tetap tenang dan tidak mempercayai info dari pihak yang tidak bertanggung jawab," paparnya.

Gempa yang mengguncang Pulau Morotai sendiri terjadi sekitar pukul 17.03 WIB. Pusat gempa berada di laut sejauh 37 kilometer dari Pulau Morotai pada kedalaman 10 kilometer. Gempa tidak menimbulkan gelombang tsunami. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA