Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Lewat Inovasi, Prakiraan Cuaca BMKG Jangkau Antar Kecamatan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Sabtu, 02 Februari 2019, 20:58 WIB
Lewat Inovasi, Prakiraan Cuaca BMKG Jangkau Antar Kecamatan
Lambang BMKG/Net
rmol news logo Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah melakukan banyak inovasi selama dipimpin Dwikorita Karnawati.

Kepala Bagian Hubungan Masyarakat BMKG, Akhmad Taufan Maulana menguraikan bahwa inovasi dikhususkan pada bidang pelayanan masyarakat.

“Seperti pengembangan inovasi-inovasi melalui teknologi informasi lompatan 4.0 dan digitalisasi otomatisasi peralatan dengan didukung SDM yang handal", tuturnya, Sabtu (2/2).

Terbaru, sambungnya, BMKG meluncurkan National Digital Forecast. Program yang diluncurkan pada tahun 2018 itu memiliki beberapa produk seperti, produk cuaca event khusus Jakarta Palembang pada Asian Games 2018, peta iklim (hari tanpa hujan, prakiraan dan analisis hujan bulanan), dan Informasi titik panas (Geo Hotspot).

“Termasuk informasi cuaca dengan jangkauan daerah prakiraan cuaca pada setiap kecamatan dan peningkatan waktu prakiraan dari 3 hari menjadi 7 hari ke depan, dengan jangka waktu prakiraan setiap 3 jam dari sebelumnya setiap 6 jam,” urai Taufan.

Semua produk itu, sambungnya, terangkum dalam sebuah aplikasi, yaitu @infoBMKG yang bisa diunduh secara gratis di Google Play dan Apple Store.

“Di aplikasi tersebut kami sajikan data terbaru setiap saat,” tegasnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA