Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Cadangan Beras 100 Ton Disiapkan Untuk Bantuan Bencana Di Lebak

Rabu, 23 Januari 2019, 04:47 WIB
rmol news logo Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak, Banten menyediakan cadangan beras pemerintah (CBP) sebanyak 100 ton pada perubahan anggaran tahun 2019. Salah satunya untuk persiapan membantu korban bencana.

Plh. Kadis Ketahanan Pangan Kabupaten Lebak Rahmat Yuniar mengatakan, persediaan CBP nantinya didistribusikan untuk masyarakat yang menjadi korban bencana seperti banjir, tanah longsor, kebakaran dan angin puting beliung. Selain itu juga untuk kerawanan pangan kronis, diantaranya musim kemarau, gagal panen dan konflik sosial.

Persediaan CBP juga bisa didistribusikan untuk mengendalikan harga beras di pasaran jika terjadi inflansi maupun kenaikkan hingga 25 persen .

Pemerintah daerah menyediakan CBP itu dengan membeli beras dari Perum Bulog sebanyak 100 ton dari perubahan anggaran 2019. Beras tersebut dititipkan di Perum Bulog dan jika nanti diperlukan bisa diambil untuk didistribusikan kepada masyarakat.

"Kami berharap penyediaan CBP bisa direalisasikan dalam waktu dekat, terlebih cuaca buruk sehingga berpotensi bencana alam," jelas Rahmat.

Dia menambahkan, untuk kebutuhan ketersedian CBP Kabupaten Lebak sebanyak 540 ton, namun dilakukan secara bertahap akibat keterbatasan anggaran.

Selama ini, ketersediaan CBP relatif aman dan mencukupi untuk kebutuhan masyarakat karena stok tahun 2018 masih melimpah di gudang Bulog.

"Kami menjamin untuk kebutuhan logistik pangan cukup empat bulan ke depan," imbuh Rahmat, seperti diberitakan Antara, Rabu (23/1). [wah]  

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA