Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sistem Pengawasan Gunung Anak Krakatau Ditingkatkan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 22 Januari 2019, 05:55 WIB
Sistem Pengawasan Gunung Anak Krakatau Ditingkatkan
Kepala Badan Geologi ESDM Rudy Suhendar/RMOL
rmol news logo Meletusnya Gunung Anak Krakatau pada 22 Desember 2018 lalu menjadi pelajaran penting bagi Badan Geologi Kementerian ESDM.

Kepala Badan Geologi ESDM Rudy Suhendar mengatakan, dari erupsi yang mengakibatkan tsunami di Selat Sunda itu, pihaknya meningkatkan sistem pengawasan. Yakni melengkapi peralatan pemantauan kegempaan, deformasi, dan kamera CCTV yang akan dipasang di sekitaran gunung. 

"Kami akan meningkatkan pengawasan mulai dari mungkin menambah beberapa instrumen dengan beberapa sistem yang akan dipasang di Anak Gunung Krakatau. Ada beberapa sistem yang kita digunakan supaya bisa cepat nyampainya ke pos," jelasnya di Kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (21/1).

Pemasangan instrumen pengawas akan dilakukan setelah adanya penurunan kondisi dari Gunung Anak Krakatau yang kini masih di level siaga dengan radius bahaya lima kilometer.

"Kita ada beberapa pasang instrumen, baik di Pulau Anak Krakataunya sendiri maupun di Pulau Panjang, Pulau Rakata, dan Pulau Sertung. Kita akan menggunakan sistem mungkin akan membuat stasiun di Pulau Sibesi. Itu strategi kita dalam pemantauan Anak Gunung Krakatau," demikian Rudy. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA