Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tak Ada Sinyal Jadi Penyebab CVR Lion Air Sulit Ditemukan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 14 Januari 2019, 17:18 WIB
Tak Ada Sinyal Jadi Penyebab CVR Lion Air Sulit Ditemukan
CVR Lion Air JT-610 PK-LQP/RMOL
rmol news logo Cockpit Voice Recorder (CVR) Lion Air JT-610 PK-LQP ditemukan dalam kondisi yang terlepas dari unit aslinya. Hal itu menyebabkan, kesulitan melacak keberadaan CVR Lion Air.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Menurut Investigator Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) di KRI Spica-934 Onny Suryowibowo, CVR terlepas dari baterai Underwater Locator Beacon (ULB).
"CVR ini kalau kita boleh jelaskan sudah terlepas dari unit aslinya dan beterai ULB yang biasanya nempel di depan sini. Sehingga inilah yang membuat tantangan kita untuk mencari," ungkap Onny di atas KRI Spica-934 menuju Dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Pelabuhan Tanjung Priok, Senin (14/1).  

Selanjutnya Tim Investigator KNKT berencana akan mencoba mengunduh data rekaman dari CVR tersebut yang kemudian akan segera dipublikasikan.

"Tapi alhamdulillah dengan seluruh kerja sama tim TNI, KNKT semuanya kita berhasil menemukan dalam kondisi yang masih relatif baik.  Kita akan coba nanti download di KNKT mudah-mudahan nanti berhasil untuk mendownload sehingga bisa kita dampaikan kepada masyarakat," lanjut Onny.

Diterangkan Onny, jika kondisi CVR yang ditemukan dalam keadaan baik saat diperiksa, kemungkinan mengunduh data rekaman hanya sekitar satu jam.

"Kalau kondisinya masih bagus mudah-mudahan download hanya sekitar satu jam. Mudah-mudahan kita berhasil," paparnya.

Sebelumnya Onny menjelaskan lepasnya baterai ULB menyebabkan hilangnya sinyal, sehingga pencarian sulit untuk dilakukan. [hta]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA