Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Emil: Relokasi Kampung Cimapag Tunggu Sesepuh Adat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 09 Januari 2019, 07:57 WIB
Emil: Relokasi Kampung Cimapag Tunggu Sesepuh Adat
Foto: Net
rmol news logo Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan, kampung Cimapag, Sukabumi akan ditata ulang setelah adanya kesepakatan dengan masyarakat setempat.

Sebelumnya, puluhan rumah di kampung Cimapag, Desa Sinaresmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi tertimbun tanah akibat bencana longsor pada Senin (31/12/2018) lalu. Sebanyak 33 orang meninggal dunia dan 3 orang luka-luka.

"Sudah didiskusikan dengan kepala desa, ada beberapa lokasi. Jadi saya tunggu kabar dari kepala desa," ucap Emil, sapaan akrabnya, seperti dimuat RMOL Jabar, Rabu (9/1).

Ia menyerahkan sepenuhnya keputusan relokasi kepada warga setempat.

"Kalau sudah diputuskan kita bangun kembali peradaban mereka yang terkendala. Belum rekonstruksi, lokasinya saja belum dipilih, jadi saya serahkan musyawarahnya kepada mereka karena tanah adat," terangnya.

Selain itu, Emil berjanji untuk aspek kemasyarakatan kampang Cimapag tetap terjaga, terutama karena di situ daerah kasepuhan.

"Jadi tanpa minta ke pemerintah, mereka punya cadangan-cadangan tanah. Nanti konstruksi bangunannya dari kami," tandasnya.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA