1889 Pasangan Ikut Program Isbat Nikah Gratis Tahun Lalu

Senin, 07 Januari 2019, 13:13 WIB
Laporan: Yelas Kaparino

Isbat Nikah gratis/RMOLBanten

Sepanjang tahun 2018, pemerintah Kabupaten Serang telah menikahkan 1.889 pasangan melalui program isbat nikah gratis. Program nikah massal ini dinamakan paket 5 in 1 karena melibatkan lima kelembagaan dengan lima dokumen kependudukan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Discukcapil Kabupaten Serang Jajang Kusmara mengatakan, program isbat nikah merupakan program kepedulian Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah terhadap fenomena, masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki buku nikah.

“Masih banyak masyarakat yang melakukan pernikahan tidak di KUA atau kantor urusan agama,” ujar Jajang seperti dilansir RMOL Banten, Senin (7/1).

Kondisi ini menjadi permasalahan tersendiri dan berimbas pada persoalan administrasi kependudukan yang tidak lengkap.

Isbat nikah gratis ini melibatkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Pemerintah Kecamatan,  Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A), Pengadilan Agama, dan Kantor Urusan Agama (KUA). Nantinya, pesertanya akan mendapatkan lima dokumen kependudukan dari masing lembaga tersebut.

"Masyarakat akan mendapatkan  penetapan Pengadilan Agama, buku nikah, kartu keluarga, akta kelahiran, dan kartu tanda penduduk elektronik,” terang Jajang.

Menurut Jajang, masyarakat antusias dan berterima kasih kepada Bupati Serang yang telah menerjunkan pelayanan jemput bola, bahkan tanpa dipungut biaya.

"Program ini akan terus berlangsung, termasuk di tahun 2019 ini. Kita menargetkan  per kecamatan dapat mengisbatnikahkan sebanyak 70 pasangan,”  terang dia. [yls]

Kolom Komentar


Video

Update Covid-19 Kamis 26 Maret, Positif 893 orang, dan 78 Meninggal

Kamis, 26 Maret 2020
Video

Gunung Merapi Meletus, Magelang Diguyur Hujan Abu

Jumat, 27 Maret 2020
Video

JAJANG C. NOER : Ketika Ayah | Puisi Hari Ini

Jumat, 27 Maret 2020