Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Zona Waspada, Masyarakat Jangan Terpancing Isu Erupsi Anak Krakatau

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 05 Januari 2019, 20:03 WIB
Zona Waspada, Masyarakat Jangan Terpancing Isu Erupsi Anak Krakatau
Gunung Anak Krakatau/Net
rmol news logo Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika mengimbau masyarakat mewaspadai dampak dari aktivitas Gunung Anak Krakatau.

"Terkait perkembangan erupsi Gunung Anak Krakatau serta dengan mempertimbangkan kondisi lereng/tebing dasar laut ataupun kondisi potensi kegempaan di Selat Sunda maka zona waspada tsunami masih diterapkan dalam radius 500 meter dari tepi pantai yang berada pada elevasi rendah. Masyarakat diminta tetap tenang dan waspada dalam beraktivitas di pantai/pesisir Selat Sunda," jelas Deputi Bidang Geofisika BMKG Muhammad Sadly dalam keterangannya, Sabtu (5/1).

Dia menjelaskan, elevasi rendah adalah kurang dari 5 meter di atas permukaan laut. Selain waspada, masyarakat diminta turut memonitor perkembangan informasi terkait tsunami melalui situs, aplikasi hingga media sosial resmi BMKG (infoBMKG). Aktivitas Gunung Anak Krakatau juga bisa dipantau di aplikasi Magma Indonesia Badan Geologi-ESDM.

"Agar tidak terpancing dengan informasi atau isu yang menyesatkan," kata Sadly.

Dia menambahkan, BMKG dan Badan Geologi terus memantau perkembangan Anak Krakatau dengan dukungan jajaran TNI dan Kemenko Kemaritiman. Informasi terkait perkembangan akan terus disampaikan kepada masyarakat.

Jumat pagi kemarin (4/1), Anak Krakatau terpantau mengalami erupsi selama 2 menit 14 detik. Gunung memuntahkan kolom abu setinggi 1,5 kilometer. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA