Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

BPBD Klaten Siapkan 25 Ribu Masker Antisipasi Hujan Abu Merapi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Sabtu, 05 Januari 2019, 17:38 WIB
BPBD Klaten Siapkan 25 Ribu Masker Antisipasi Hujan Abu Merapi
Gunung Merapi/Net
rmol news logo Warga di sekitar Kemalang, Klaten terus melaporkan terjadinya hujan abu vulkanik pada Sabtu (5/1). Desa Balerante menjadi salah satu yang paling terdampak.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Klaten Bambang Giyanta mengatakan, meski tidak berdampak signifikan terhadap aktivitas warga, pihaknya menyiapkan 25 ribu masker untuk mengantisipasi hujan abu.

Pada Jumat malam (4/1), BPBD Klaten mengirimkan sebanyak 2.600 masker ke Desa Tegalmulyo, Kemalang yang juga melaporkan terjadinya hujan abu. Total ada 25 ribu masker disiapkan.

Bambang menjelaskan, pihaknya juga mengutus kabid kedarutan dan logistik untuk memantau perkembangan di desa-desa yang berada di lereng Gunung Merapi. Sabtu siang sekitar pukul 11.50 WIB hujan abu tipis terjadi di lereng Merapi.

Kepala BPBD Provinsi Jawa Tengah Sarwa Pramana menambahkan, pihaknya juga ikut memantau perkembangan Merapi. Dengan berkoordinasi bersama jajaran BPBD Klaten.

Sarwa berharap, masyarakat tetap tenang karena aktivitas Merapi masih pada level waspada. Hujan abu juga tidak berdampak pada aktivitas warga.

Guguran lava terpantau di Gunung Merapi pada Jumat (4/1) pukul 21.01 WIB dengan amplitudo 70 milimeter dengan durasi 150 detik dan jarak luncur kurang lebih 1,2 kilometer ke hulu Kali Gendol. Hingga saat ini, tingkat aktivitas Merapi masih berada pada level dua atau waspada. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA