Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bom Palsu Di Cilacap Berisi Paku Dan Pasir

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Rabu, 02 Januari 2019, 18:32 WIB
Bom Palsu Di Cilacap Berisi Paku Dan Pasir
Bom palsu/Net
rmol news logo Benda mencurigakan yang ditemukan di depan Rumah Sakit Fatimah Cilacap, Jawa Tengah, Selasa (1/1) dipastikan bom palsu.

Kepastian itu didapat setelah tim penjinak bom dari Gegana bersama Laboratorium Forensik (Labfor) Polda Jawa Tengah membedah isi bom tersebut.

“Sudah ditangani. Ini fake bom adalah bom yang palsu lah atau bom hoax,” kata Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Jakarta, Selasa (2/1).

Benda tersebut sekilas mirip bom pipa. Namun, setelah dibuka dan dibedah, hanya berisi paku dan pasir hitam. Tidak ada sama sekali unsur bahan peledak di dalamnya.

Selain itu, sambung Dedi, rangkaian kabel-kabel tidak tersambung dengan pengatur waktu atau biasa disebut kabel detonator. 

“Biasanya bom asli itu ada mesiu. Bisa dari blackpowder atau lainnya. Tapi ini isinya tanah yang menyerupai blackpowder dan tumbukan genteng,” urai Dedi.

Temuan ini, tegas Dedi dilakukan oleh sesorang yang iseng yang bertujuan untuk membuat takut masyarakat di malam perayaan pergantian tahun 2018 ke 2019. Kendati demikian, saat ini polisi belum mengidentifikasi siapa pelaku iseng tersebut.

“Sementara masih didalami oleh tim Polres Cilacap. Barang bukti sudah diamankan oleh tim Gegana Polda Jateng,” demikian Dedi. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA