Bangkitkan Kejayaan Maritim Lewat Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa

Rabu, 02 Januari 2019, 09:38 WIB | Laporan: Adityo Nugroho

Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa/Net

. Dalam rangka memperingati kemerdekaan RI ke-74, Ikatan Sarjana Kelautan Indonesia (Iskindo) dan Yayasan Makassar SKalia menggelar program Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa.

Progam ini merupakan kegiatan pelayaran mengelilingi Indonesia dengan menggunakan kapal pinisi selama 8 bulan dari 18 Desember 2018 hingga 17 Agustus 2019. Pelayaran 8 bulan tersebut dibagi dalam 10 trip, di mana pada tiap trip mengusung tema pembangunan sebagai fokus kampanye pelayaran pinisi.

Pelayaran trip 1 Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa sudah menyinggahi 7 titik persinggahan yaitu Makassar-Bulukumba-Pulau Kabaena, Bombana-Teluk Lianabanggai, Buton Tengah-Baubau-Raha-Pulau Saponda-Kendari.

Koordinator Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa, Mohammad Abdi Sufuhab menyatakan untuk melahirkan konsep pembangunan pulau-pulau kecil, ekspedisi ini juga menyelenggarakan seminar pada 28 Desember 2018 di kampus Universitas Halu Oleo Kendari dengan tema "The untold story of our real treasure island for Indonesia’s future".

Abdi mengatakan bahwa pelayaran Ekspedisi Pinisi Bakti Nusa trip 1 mendapat sambutan luar biasa dari pemerintah daerah dan masyarakat pada titik yang disinggahi.

"Alhamdulilah pelayaran trip 1 sudah selesai dengan tibanya kapal ekspedisi pinisi di pelabuhan Kendari tepat pada tanggal 1 Januari 2019," kata Abdi dalam keterangan tertulisnya, Rabu (2/1).

Tim Ekspedisi Pinisi mengapreasiasi sambutan hangat dan luar biasa dari pimpinan daerah dan masyarakat terhadap program ini. Seperti ada semangat dan spirit penting yang mereka ingin sampaikan bahwa Indonesia adalah negara maritim, masyarakat dan budayanya juga maritim.

"Dalam kegiatan joy sailing yang kami lakukan di Buton Tengah, Baubau dan Raha, masyarakat antusias mengikuti pelayaran singkat tersebut," bebernya.

Bukan hanya pelayaran biasa, dalam joy sailing tersebut diberikan edukasi tentang sejarah maritim dan pinisi, teknik berlayar pendidikan lingkungan dan edukasi kebencanaan.

"Ada misi pendidikan karakter bangsa yang ingin kita berika dalam program ini," pungkas Abdi. [rus]

Kolom Komentar


loading