Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Data Kemensos Rujukan Pengentasan Kemiskinan Tepat Sasaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Jumat, 28 Desember 2018, 15:58 WIB
Data Kemensos Rujukan Pengentasan Kemiskinan Tepat Sasaran
Said Mirza Pahlevi (keempat dari kiri)/RMOL
rmol news logo . Permasalahan data sejak dulu menjadi polemik terkait dengan pengentasan kemiskinan. Data yang tidak valid menyebabkan penyerahan bantuan tidak tepat sasaran.

Maka dari itu Kementerian Sosial (Kemensos) melalui Pusat Data dan Informasi Kesejahteraan Kemensos melakukan reformasi data secara terpadu agar pengentasan kemiskinan tepat sasaran.

"Data terpadu kita sekarang sudah mencakup kebutuhan untuk Kemensos dan K/L lain. Secara konsep program PKH (Program Keluarga Harapan) ini sudah ada urutannya untuk diberi bantuan. Orang miskin yang sesuai data kita akan meneriman bantuan mulai dari bantuan keluarga dan bantuan sosial pangan juga menerima PBI," ujar Kapusdatin Kesejehteraan Sosial Kemensos, Said Mirza Pahlevi di kantornya, Jakarta, Jumat (28/12).

Yang dilakukan oleh pihaknya sudah sesuai dengan UU 13/2011 tentang Penanganan Fakir Miskin. Di mana dalam Pasal 10 disebutkan data dari Kemensos bisa digunakan oleh lintas kementerian dan lembaga untuk memberantas kemiskinan.

Pasalnya dalam memberantas kemiskinan bukan hanya menjadi tugas Kemensos semata melainkan banyak stakeholder yang terlibat di dalamnya. Namun sumber data yang satu dan valid sangat perlu dilakukan agar bantuan dari masing-masing K/L tepat sasaran.

"Jadi konsepnya semakin miskin dia semakin banyak bantuan yang dia terima sehingga lebih cepat keluar dari garis kemiskinan," tandas Said. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA