Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Perbaikan Flyover Cengkareng B Ditargetkan Selesai Delapan Hari

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 27 Desember 2018, 19:25 WIB
Perbaikan Flyover Cengkareng B Ditargetkan Selesai Delapan Hari
Foto/PUPR
rmol news logo Dalam rangka pemeliharaan berkala yang sudah terjadwal, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Ditjen Bina Marga saat ini tengah melakukan perbaikan Flyover Cengkareng B di ruas Jalan Nasional Lingkar Barat.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Perbaikan dilakukan dalam waktu delapan hari terhitung sejak hari ini (Kamis, 27/12) dan ditargetkan rampung pada 3 Januari 2019.

Flyover Cengkareng B atau Flyover Rawa Buaya melayani lalu lintas satu arah dengan dua lajur yakni dari Kembangan menuju Kamal-Cengkareng. Flyover ditutup sementara demi keamanan selama proses perbaikan. Setiap harinya flyover dilalui kendaraan kecil dan truk kontainer dari dan menuju kawasan industri dan pergudangan di Kamal dan sekitarnya. Sementara dua lajur Flyover Cengkareng A dari arah Kamal menuju Kembangan tetap dapat dilintasi secara normal.

Flyover Cengkareng dibangun tahun 2008 dan selesai pada 2009 dengan konstruksi beton prategang (box girder continuous) dengan panjang bentang 560 meter.

Perbaikan mencakup penggantian perletakan atau landasan (pot bearing), sambungan siar muai (expansion joint) pada pilar empat dan pilar 11 dari keseluruhan 14 pilar. Hingga saat ini, pekerjaan yang tengah dilakukan adalah perkuatan dengan pemasangan penyangga, untuk selanjutnya dilakukan pengangkatan dan penggantian pot bearing dan pemasangan expansion joint menggunakan asphaltic. Secara paralel juga akan dilakukan perkerasan beton oprit.   
Proses perbaikan dilakukan dengan mengutamakan aspek Keamanan Keselamatan Kerja (K3) baik kepada pekerja maupun lingkungan sekitar, terlebih ruas jalan tersebut merupakan jalan perkotaan dengan lalu lintas padat. Upaya yang dilakukan antara lain pemasangan median concrete barrier (MCB), penerangan lampu, pemasangan jaring pengaman serta menyiagakan personil untuk membantu pengalihan arus lalu lintas ke jalan alternatif yang dikoordinasikan oleh kepolisian, Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Dinas Perhubungan DKI dan Badan Pengatur transportasi Jabodetabek (BPTJ).  

Pengendara dari arah Kembangan ke Kamal tetap dapat menggunakan 2 lajur Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dan dua lajur jalan arteri untuk melintasi Jalan Daan Mogot. Sedangkan dari arah Kamal-Cengkareng ke Kembangan sebanyak enam lajur dapat dilalui seluruhnya yang terdiri dari dua lajur Flyover Cengkareng A, dua lajur Tol JORR dan dua lajur jalan arteri (non tol) Lingkar Luar Barat.

Kementerian PUPR menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan selama proses perbaikan seraya mengimbau para pengguna jalan untuk senantiasa hati-hati dalam berkendara. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA