Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tambah Destinasi Wisata, Cirebon Bakal Bangun Monumen KRI Gadjah Mada 408

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sukardjito-1'>SUKARDJITO</a>
LAPORAN: SUKARDJITO
  • Rabu, 26 Desember 2018, 06:05 WIB
Tambah Destinasi Wisata, Cirebon Bakal Bangun Monumen KRI Gadjah Mada 408
Foto: RMOLJabar
rmol news logo Untuk menunjang ilmu pengetahuan dan penelitian, pemerintah kota Cirebon mendukung penuh pembangunan monumen KRI Gadjah Mada 408.

Tak hanya itu, pemkot Cirebon bakal menggelontorkan dana sebesar Rp 500 juta untuk pembangunan monumen tersebut.

Demikian disampaikan Walikota Cirebon, Nashrudin Azis, dilansir RMOLJabar, Rabu (25/12).

"Tahun depan akan segera kita bangun," tambah Azis.

Lebih dari itu, sambung Azis, pemerintah kota Cirebon juga akan memfasilitasi pencarian dana ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

"Apalagi Gubernur kita sekarang sudah mencanangkan Jawa Barat sebagai daerah pariwisata," ungkap Azis.

"Dengan adanya monumen KRI Gadjah Mada 408 nantinya Kota Cirebon tidak hanya memiliki destinasi wisata keraton dan religi saja, tapi juga wisata bahari," sambung Azis.

Direncanakan, ada 4 jalan masuk menuju monumen tersebut. Yaitu dari Kalipekik di Kabupaten Cirebon, Kesenden, Waterland, dan Pelabuhan Cirebon. Tujuannya agar semua masyarakat di Cirebon bisa merasakan manfaat dengan adanya monumen tersebut.

"Tapi semua dibawah koordinasi Lanal II Cirebon," ungkap Azis.

Sementara itu Danlanal Cirebon, Letkol Marinir Yustinus Rudiman mengungkapkan, Monumen KRI Gadjah Mada 408 rencananya akan dibangun 3 lantai. Masing-masing terdiri dari foodcourt, museum serta hellypad. Selain itu juga disediakan waterboom, diving, penelitian ilmu perikanan dan tempat pelatihan tim SAR gabungan.

"Kita juga akan melibatkan masyarakat Cirebon untuk bersama-sama menjaga monumen ini," ucap Yustinus.

Di antaranya, lanjut Yustinus, masyarakat pecinta bahari Cirebon, masyarakat maritim Cirebon, generasi muda Cirebon dan lainnya. Sehingga semua warga Cirebon sama-sama merasa memiliki monumen ini.

Monumen ini mengenang peristiwa pada 5 Januari 1947 di mana terjadi pertempuran di laut Cirebon melawan Belanda hingga mengakibatkan KRI Gadjah Mada 408 yang dinahkodai oleh Lettu Samadikun dan awak kapal lainnya tenggelam.

Untuk mengenang jasa pahlawan yang telah gugur, tiang pertama monumen KRI Gadjah Mada akan dibangun. Pembangunan monumen dilakukan di titik koordinat 06 40 006 S-108 35 847 E atau sekitar 4 mil dari bibir pantai Cirebon. Di titik itulah KRI Gadjah Mada 408 tenggelam. [jto]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA