Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Puluhan Tahun Tanpa Listrik, PLTS Kini Terangi Pulau Siuncal

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 20 Desember 2018, 12:51 WIB
Puluhan Tahun Tanpa Listrik, PLTS Kini Terangi Pulau Siuncal
Dendi Ramadhona/RMOL Lampung
rmol news logo Dusun Siuncal, Pulau Legundi, yang merupakan pulau terujung milik kabupaten pesawaran kini telah dialiri listrik. Pusat Listrik Tenaga Surya (PLTS) dengan kapasitas 18 KWP menjadi sumber energinya.

Peresmian PLTS itu dilakukan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, Rabu sore (19/12). Ia mengatakan, PLTS ini tergolong yang paling canggih karena bisa dikendalikan dengan telepon genggam.


“Dari handphone bisa diketahui jika ada problem," ujarnya pada pidato di depan warga Siuncal, seperti dilansir RMOL Lampung.

Kepala Dusun Siuncal Suhaili, menyampaikan terimakasih kepada Bupati Pesawaran yang telah mengusahakan kehadiran listrik yang sudah mereka impikan puluhan tahun. "Anak-anak kini bisa belajar malam hari," katanya.

Dalam kunjungan itu, Dendi sempat memeriksa kondisi gardu PLTS. Ia kemudian secara simbolis menyalakan meteran listrik di rumah salah seorang warga sebagai tanda peresmian listrik tersebut.

PLTS ini merupakan hibah dari Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo. Sebelum diresmikan, PLTS ini sudah diuji selama dua bulan lebih menerangi sekitar 65 kepala keluarga di pulau tersebut. "Salam dari Pak Gub untuk warga Siuncal," ujar Dendi.

Dendi berpesan agar warga merawat baik-baik PLTS tersebut. Warga jangan mencuri aliran listrik dan mematuhi pembayaran demi keberlangsungannya. Karena selama uji coba digratiskan, Dendi secara pribadi spontan memberikan honor kepada petugas jaga.

Bupati berharap kehadiran listrik bisa membuat  pulau dan masyarakat Siuncal maikin berkembang.  

“Dusun Siuncal masuk desa tertinggal yang harus segera bangkit. Kita bisa kembangkan wisata alamnya atau apapun yang menjadi daya tarik wisatawan, ” ujar dia. [yls]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA