Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terkendala Cuaca, Kapal Pencari Korban Lion Air Tiba Lusa

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 17 Desember 2018, 12:30 WIB
Terkendala Cuaca, Kapal Pencari Korban Lion Air Tiba Lusa
Foto: Lion Air
rmol news logo Proses pencarian dan evakuasi (search and rescue/ SAR) penumpang serta kru dari pesawat Boeing 737 MAX 8 registrasi PK-LQP, masih terus berlangsung.

Untuk lebih komprehensif, Lion Air mendatangkan kapal canggih dalam proses pencarian jenazah penumpang maupun kru penerbangan JT-610.

"Dalam hal ini, apabila ditemukan maka akan diambil dan diserahkan kepada Badan SAR Nasional guna tindakan selanjutnya sesuai prosedur," kata Corporate Communications Strategic Lion Air, Danang Mandala Prihantoro dalam siaran pers, Senin (17/12).

Proses pencarian juga dilakukan terhadap kotak hitam yaitu alat perekam suara di ruang kemudi pilot (Cockpit Voice Recorder/ CVR).

Dalam proses pencarian kembali ini, lanjut Danang, Lion Air menunjuk perusahaan swasta profesional asal negara Belanda dengan menggunakan kapal laut MPV Everest.

Danang menyebut biaya proses pencarian kembali jenazah penumpang maupun kru penerbangan JT-610 mencapai Rp 38 miliar.

"Proses pencarian akan difokuskan berdasarkan pemetaan terakhir area koordinat jatuhnya penerbangan JT-610 dengan waktu operasional 10 hari berturut-turut, pada Desember 2018," terangnya.

Danang menambahkan, informasi terkini, MPV Everest mengalami keterlambatan karena cuaca buruk disertai hujan deras pada Sabtu malam (15/12) lalu sehingga mengganggu proses mobilisasi peralatan dan kru.

Hari ini direncanakan berlayar, dengan pagi hari dimulai proses imigrasi dan kepabeanan (customs). Hal ini dikarenakan kapal berkapasitas sebesar MPV Everest tidak diberikan izin untuk keluar dari pelabuhan pada malam hari.

"Perkiraan waktu tempuh perjalanan dari Johor Bahru menuju perairan Karawang adalah dua hari dan lima jam. Sehingga kapal akan tiba di Karawang pada Rabu (19/ 12)," tutup Danang.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA