Kampanye, Caleg Ini Beraksi Ala Rocker Di Atas Panggung

Senin, 17 Desember 2018, 06:49 WIB | Laporan: Hendry Ginting

Pulung Agustanto/RPM

Banyak cara yang dilakukan calon anggota legislatif (caleg) DPR saat berkampanye, terutama  menyemangati relawan pendukungnya.

Seperti yang dilakukan caleg PDI Perjuangan, Pulung Agustanto. Tak hanya membeberkan visi dan misi, politikus muda banteng moncong putih ini menggebrak panggung dengan bernyanyi ala rocker.

Alhasil  rapat konsolidasi Pulung dengan Relawan Pulung Menang (RPM) di Gelanggang Remaja Jakarta Utara, Kecamatab Tanjung Priok, Minggu (16/12)  bak konser musik.  

Awalnya Pulung membeberkan visi dan misinya sebagai caleg DKI Jakarta III yang meliputi Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu kepada 996 anggota RPM.  

Berpeci dengan pin Bung Karno dan batik merah, Pulung menceritakan ikhtiarnya sebagai caleg dari parpol pimpinan Megawati Soekarnoputri itu.

Pulung  menjanjikan jika kelak menjadi anggota DPR akan fokus menggerakkan koperasi serta usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di konstituennya. Fokusnya adalah penjualan kupon listrik dan voucher ponsel.

"Jadi otomatis nanti kalian jadi anggota koperasi. Nanri koperasinya menjadi unit bisnis bersama. Modalnya dari mana, dari gaji saya," kata Pulung yang langsung ditimpali aplaus para relawannya.

Untuk itu, dia meminta relawannya terus aktif menjalin komunikasi.

"Ini bukan silaturahmi sekali dalam lima tahun, tapi seterusnya. Paling tidak kita lima tahun ke depan berjuang bersama," katanya.

Setelah jeda sejenak, Pulung langsung bergegas ke ruangan di balik panggung untuk berganti  pakaian. Tak lama kemudian dia sudah muncul bergaya rocker dengan kaus Harley Davidson yang ditutup jaket kulit.

Ikat kepala menutupi sebagian kening pulung. Kacamata hitam melengkapi penampilannya. Tak ketinggalan, dia mengganti sepatunya dengan sepatu khas rocker hak tinggi penuh pernik-pernik metal.  Gaya Pulung bak rocker papan atas.

Melengkapi penampilannya di atas panggung,  Pulung juga memboyong sebuah grup musik bernama Yankee Rose. Grup yang biasa memainkan musik rock itu sudah malang melintang di kafe-kafe ternama di Jakarta.

Pulung lantas melantunkan sejumlah lagu. When I See You Smile dari Bad English mengawali konser ala Pulung di depan para relawannya.

"Inilah mengapa saya beda dari caleg lainnya," ujar penyandang gelar haji itu setelah menyanyikan lagu pembuka.

Lagu kedua adalah Bed of Roses milik Bon Jovi yang diikuti Bohemian Rhapsody karya Queen. Suasana makin panas ketika Pulung menyanyikan Sweet Child O’Mine.

Sebagian besar anggota RPM tampak sudah akrab dengan lirik lagu karya Guns N Roses itu. Kor tercipta saat ratusan relawan ikut menyanyikan bagian refrein rock kondang dari era pertengahan 1980-an itu.

Sebagai penutup, Pulung menyanyikan lagu Sayang yang dipopulerkan grup hip hop dangdut asal Yogyakarta NDX AKA.

"Kalau dangdut lainnya besok pas kondangan," katanya.

Selama Pulung menyanyi, para relawannya terus mengarahkan kamera ponsel ke arah mantan penyiar radio ternama di Yogyakarta itu. Sesekali Pulung turun dari panggung untuk berfoto bersama relawannya.

Ketua RPM Kiani Ginting mengatakan, politik harus menjadi hal menyenangkan. "Mari bikin kampanye menjadi kegiatan menyenangkan. Setuju?" ujar Kiani yang langsung ditimpali suara kor setuju.

Seorang anggota RPM dari Kelurahan Warakas, Rina Budiati mengaku takjub dengan penampilan pulung. “Pak haji yang gaul dan asyik,” ujarnya.

Rina juga terpikat soal keinginan Pulung menyerahkan gajinya jika kelak menjadi anggota DPR untuk modal koperasi dan UMKM.

"Baru kali ini saya dengar caleg mau menyumbangkan gaji dan dana reses untuk masyakarat. Ini hal baru yang fenomenal," kata Rina.[wid]
Tag:

Kolom Komentar