Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Maskerade, Edukasi Budaya Lewat Produk Fashion

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 16 Desember 2018, 22:20 WIB
Maskerade, Edukasi Budaya Lewat Produk Fashion
Foto:Repro
rmol news logo Sebanyak 24 kreator terbaik yang berasal dari Padang, Medan, Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Surabaya, Denpasar dan Makassar berkompetisi di Makerfest Big Bang Jakarta 2018 yang mewakili daerah mereka masing-masing.

Makerfest Big Bang sendiri dilaksanakan pada 15-16 Desember 2018 di parkiran selatan Stadion Gelora Bung Karno, Senayan,  Jakarta.

Kegiatan ini menjadi sebuah wadah bagi pelaku kreator lokal dan industri ekonomi kreatif untuk menjajakan produk mereka, baik yang bergerak di bidang fashion, kosmetik, kuliner, alat musik dan berbagai macam produk kreatif lainnya.

Salah satunya, Maskerade. Brand kreator lokal asal Kota Makassar ini menjajakan produk fashion dengan mengedepankan budaya etnik Nusantara pada produk-produk mereka seperti waitsbag, selendang, baju dan tas.

Pada hari pertama pembukaan Makerfest, produk dengan motif parampa' kain khas Tana Toraja di booth tersebut ramai diserbu pengunjung.

Pemilik Maskerade, Nana (26) dan Muwaffaq (24) menuturkan, berawal inisiatif untuk tetap mempertahankan identitas Nusantara seperti kain etnik melalui fashion yang sedang digandrungi oleh kaum milenial.

"Mempertahankan identitas budaya Indonesia bisa dari berbagai macam hal, salah satunya yaitu dengan membuat produk fashion dari kain etnik yang ada di Indonesia, khususnya Sulawesi Selatan," jelasnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini para kreator lokal tidak hanya berorientasi pada bisnis semata, tetap juga mengedepankan aspek edukasi budaya melalui produk yang dihasilkan.

Makerfest Big Bang Jakarta 2018 turut dimeriahkan penampilan musisi dan band ternama seperti RAN, Four Twenty, Kahitna, Stars And Rabbit dan masih banyak lagi. [lov]  

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA