Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemenkominfo: Kemajuan Teknologi Digital Bawa Dampak Perubahan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 08 Desember 2018, 21:24 WIB
Kemenkominfo: Kemajuan Teknologi Digital Bawa Dampak Perubahan
Ilustrasi/Net
rmol news logo Kemajuan pesat teknologi digital saat ini membawa berbagai dampak perubahan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kondisi tersebut juga berlaku untuk Indonesia yang sedang mempersiapkan diri sebagai negara ekonomi digital.

Staf Ahli Menteri Komunikasi dan Informatika Bidang Komunikasi dan Media Massa Gun Gun Siswadi menjelaskan, terdapat dua aspek perubahan yang menjadi perhatian dari kemajuan teknologi digital di Tanah Air. Pertama adalah ketersediaan serta fasilitas infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi (TIK), kemudian menyoal kualitas sumber daya manusia.

"Pemerintah Indonesia kini telah memberikan fasilitas akses internet di seluruh Indonesia dengan tujuan untuk meningkatkan daya pikir masyarakat menjadi lebih baik," jelas Gun Gun saat mengisi kuliah umum dengan tema 'Nasionalisme di Era Digital' di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, pada Kamis lalu (6/12).

Seperti dalam keterangannya (Sabtu, 8/12), Gun Gun mengatakan, dengan kemajuan teknologi digital kini maka diharapkan seluruh masyarakat dapat beradaptasi dan meningkatkan kapasitas diri untuk memanfaatkannya secara positif. Transformasi era digital juga terjadi di bidang pendidikan, budaya dan sosial.

"Guna mendukung pemerataan akses internet di seluruh Indonesia, khususnya di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal) pemerintah telah melaksanakan pembangunan proyek infrastruktur Palapa Ring yang menjangkau wilayah barat, timur, tengah," papar Gun Gun.

Rektor UGM Panut Mulyono menambahkan bahwa diperlukan kesadaran bersama untuk terus mempertahankan serta makin meningkatkan rasa nasionalisme di era teknologi digital.

"Penanaman nasionalisme dalam dunia digital saat ini menjadi tantangan yang lebih besar. Kita tahu bahwa Indonesia sebagai negara besar dengan jumlah penduduk lebih dari 250 juta jiwa. Generasi muda salah satu yang menikmati bonus demografi sebab sekitar 50 persen penduduk Indonesia adalah generasi muda, hal ini merupakan potensi yang baik," papar Mulyono. [wah] 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA