Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tata Cekungan Bandung, Sekda Jabar Studi Banding Ke Oregon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Kamis, 06 Desember 2018, 14:50 WIB
Tata Cekungan Bandung, Sekda Jabar Studi Banding Ke Oregon
Studi banding di Oregon/ RMOL Jabar
rmol news logo Pengelolaan Metro Portland Oregon di Amerika Serikat akan dijadikan rujukan bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk menata wilayah Cekungan Bandung atau Bandung Raya.

Mempelajari pengelolaan kota Metro Portland Oregon, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat, Iwa Karniwa memimpin rombongan Pemprov Jabar untuk bertemu dengan Senior Public Affairs Cordinator Communications Metro Portland, Ren Kay, di kantornya di Oregon, Amerika Serikat.

“Bentuk Metro Portland hanya ada satu di Amerika dan berhasil sebagai yang terbaik di dunia karena mampu menata enam distrik atau kota di wilayah negara bagian Oregon," terang Iwa, seperti dilansir RMOL Jabar, Kamis (6/12).

Dikatakan Iwa, Metro Portland menjadi yang terbaik mengingat rumitnya pengaturan pola hubungan kota metro dan negara bagian di Amerika.

"Dalam mengatur dan mengkoordinasikan enam distrik yang ada tersebut, Tom Hughes memimpin sebagai Council President, lalu masing-masing distrik mengirimkan 1 orang perwakilan dan satu orang metro auditor," paparnya.

Iwa pun menambahkan, jika ke delapan orang itu dipilih melalui pemilihan rakyat yang bersangkutan.

Penjelasan ini, lanjut Iwa, sangat penting untuk masukan dalam rangka menata cekungan Bandung atau Bandung Raya yang meliputi Kota Bandung, Cimahi, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Kabupaten Sumedang, sesuai Perpres nomor 45 tahun 2018 tentang Rencana Tata Ruang dan Rencana Wilayah Cekungan Bandung.

Dalam kunjungan itu, rombongan juga melihat langsung implementasi pemanfaatan tata ruang dan pengendalian Metro Portland, serta pola transportasi yang terintegrasi. Yang menarik, katanya, adalah cable car yang menampung 60 orang sekali angkut dan cepat.

Menurutnya studi banding yang merupakan penugasan dari Gubernur Jabar Ridwan Kamil tersebut akan makin komprehensif.

"Sehingga Insyaallah bisa melihat pola interaksi dan strategi bagaimana mereka memajukan Metro Portland, dan kami membawa masukan yang komprehensif untuk dilaporkan pada Pak Gubernur untuk menata Bandung Raya," tandasnya. [yls]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA