Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sudah Diperbaiki, Sensor Lion Air PK-LQP Rusak Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 28 November 2018, 17:41 WIB
Sudah Diperbaiki, Sensor Lion Air PK-LQP Rusak Lagi
Konferensi pers KNKT/RMOL
rmol news logo Jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP di Perairan Tanjung Karawang 29 Oktober lalu akibat kerusakan pada sensor Angle of Attack (AoA), sehingga tidak bisa mengukur ketinggian. 

Komite Nasional Keselamatan Transportasi mengatakan, jauh sebelum terjadinya gangguan pada penerbangan Bali-Jakarta yang ditempuh Lion Air PK-LQP, komponen sensor pesawat jenis Boeing 737 Max 8 tersebut sudah diperbaiki di Amerika Serikat.

"Rusaknya kurang lebih kita punya datanya. Tapi kurang lebih tahun lalu rusaknya dan sudah diperbaiki di Florida," kata Investigator Kecelakaan Penerbangan KNKT Ony Suryo Wibowo saat konferensi pers di kantornya, Gambir, Jakarta, Rabu (28/11).

Ony tidak memungkiri jika komponen mesin pesawat bisa digunakan oleh pesawat lain atau kanibalisasi. Namun, itu dilakukan harus sesuai prosedur yang sudah ditentukan.

"Satu kompenen pesawat bisa dipakai bersama-sama, boleh dipakai oleh Boeing Max, boleh juga Boeing lain. Hati-hati ini bukan recycle. Setiap perbaikan komponen pesawat itu ada prosedurnya dan harus ada sertifikasinya," paparnya. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA