Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meriahkan HUT Ke-47 Korpri, Imigrasi Buka Layanan Paspor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 24 November 2018, 21:26 WIB
Meriahkan HUT Ke-47 Korpri, Imigrasi Buka Layanan Paspor
Suasana HUT Korpri/Repro
rmol news logo Sejumlah kementerian ikut serta meramaikan Pasar Rakyat yang digelar Kementerian Pariwisata di Area Plaza Timur Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Pasar Rakyat ini diselenggarakan mulai 24 hingga 29 November 2018.

Salah satu yang ikut berpartisipasi adalah Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia yang menyelenggarakan layanan paspor.

Booth layanan paspor dari Ditjen Imigrasi Kemenkumham ini telah memulai pelayanan sejak pukul 08.30 WIB. Pelayanan itu dibuka langsung oleh Direktur Lalu Lintas Keimigrasian Cucu Koswala.

Kasubag Humas Ditjen Imigrasi, Sam Fernando mengatakan layanan masyarakat ini untuk menyemarakkan HUT ke-47 Korps Pegawai Republik Indonesia (Kopri). Sesuai dengan bidangnya, Ditjen Imigrasi membuka layanan paspor khusus selama 6 hari, dengan harapan untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan paspor.

"Tujuannya untuk memberi pelayanan buat masyarakat dan sekaligus berkontribusi untuk rangkaian HUT Korpri ini. Harapannya kita ingin mempermudah masyarakat yang ingin membuat paspor, karena tidak harus ke kantor imigrasi, tapi cukup ke sini saja," jelas Sam, melalui keterangan tertulis, Sabtu (24/11).

Untuk ikut layanan pembuatan paspor, peserta terlebih dahulu mendaftar secara daring (online) melalui Aplikasi Layanan Paspor Online yang bisa diunduh di playstore telepon pintar. Dalam aplikasi peserta bisa memilih waktu dan tanggal pendaftaran, sehingga tidak perlu mengantre.

Sementara, untuk biaya pembuatan paspor pada layanan ini, pendaftar dikenakan biaya normal sebesar Rp 355.000 untuk pembuatan paspor non-elektronik. Hanya saja, layanan paspor elektronik belum tersedia di layanan ini.

Meskipun cuaca hari ini mendung dan gerimis, layanan pembuatan paspor dari Ditjen Imigrasi ini disambut antusias masyarakat. Pada hari pertama pembukaan Expo Pelayanan Publik, sudah terdaftar sekitar 80 peserta yang ingin membuat paspor.

Kemeriahan rangkaian HUT ke-47 Korpri mulai dirilis hari ini. Digelar hampir sepekan, rangkaian kegiatan diawali dengan Pesta Rakyat. Aneka produk yang ditawarkan lengkap dengan potongan harganya. Selain itu, ada panggung besar seni dan budaya Nusantara.

"HUT ke-47 Korpri ini bisa dinikmati oleh semua kalangan. Event ini sangat terbuka bagi umum. Sejauh ini respons publik sangat positif terhadap penyelenggaraan rangkaian HUT Korpri ini," ungkap Sekretaris Kemenpar yang menjadi Ketua Penyelanggara HUT Korpri tahun ini, Ukus Kuswara, di sela-sela kegiatan.

Terbagi dalam stan-stan, lanjut Ukus, masyarakat bisa menikmati berbagai kemudahan layanan pemerintah. Untuk produk pelayanan publik, di antaranya kesehatan gratis dari Kementerian Kesehatan. Ada juga layanan pembuatan paspor dari Kemenkumham hingga pembuatan SIM yang diselenggarakan Polda Metro Jaya. Bahkan, pembuatan KTP elektronik pun dilayani Kementerian Dalam Negeri.

Peran serta kementerian pun makin berwarna. Sebab, Kementerian Kelautan dan Perikanan menyajikan aneka produk olahan ikan. Secara keseluruhan, rangkaian acara HUT Korpri kalu ini memiliki komposisi 60 persen online dan 40 persen offline.

Ukus menambahkan, kolaborasi besar antar-instansi menjadi penyemarak Pesta Rakyat HUT ke-47 Korpri.

"Agenda ini menjadi kolaborasi antar-kementerian dan lembaga. Kami bersinergi untuk menampilkan sesuatu yang berbeda. Event ini sangat positif karena banyak memberikan kemudahan bagi masyarakat. Mereka bisa mengurus berbagai administrasi di acara ini," lanjut Ukus.

Sementara acara puncak Pesta Rakyat HUT ke-47 Korpri bakal digelar pada Kamis (29/11) yang dihadiri Presiden Joko Widodo.

Menteri Pariwisata, Arief Yahya turut mengomentari peringatan HUT Korpri kali ini. Menurut dia, beragam kemudahan layanan yang ditawarkan Pesta Rakyat HUT Korpri ini harus dioptimalkan.

"HUT ke-47 Korpri sangat spesial. Ada banyak kemudahan layanan yang diberikan. Selain administrasi, ada juga wisata belanja yang menarik. Jadi, Pesta Rakyat HUT Korpri kali ini adalah venue terbaik untuk liburan. Di sini juga ada banyak hiburan yang bisa dinikmati," tandas Arief. [lov]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA