Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jokowi Harus Jelaskan Kepastian Produksi Mobil Esemka

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 21 November 2018, 23:00 WIB
Jokowi Harus Jelaskan Kepastian Produksi Mobil Esemka
Foto/Net
rmol news logo Pemerintah diminta menjelaskan kepastian soal peluncuran mobil Esemka.

Sebab, banyak pihak menunggu kabar kelanjutan proyek mobil nasional yang digadang-gadang sejak 2012 lalu. Di mana, ketika itu Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih menjabat wali Kota Solo.  

"Kita tanya pada pemerintah kapan kepastiannya. Ini harus jelas," kata pengamat politik Hendri Satrio kepada redaksi, Rabu (21/11). 

Menurut Hendri, seharusnya Jokowi serius menggarap proyek mobil nasional Esemka. Apalagi, produksi massal Esemka menjadi salah satu isu penting menjelang Pilpres 2014 lalu.  

"Esemka ini kan juga yang mengantar Jokowi menjadi RI satu. Kalau tidak diproduksi nanti malah jadi fitnah," ujar akademisi Universitas Paramadina itu.

Untuk menjawab pertanyaan publik soal kepastian waktu mobil Esemka diproduksi massal, pemerintahan Jokowi wajib memberi kejelasan. Ditambah, isu mobil Esemka disebut-sebut bakal kembali menjadi bahan jualan di Pilpres 2019 mendatang.

"Kalau tidak dijawab akhirnya rakyat terus bertanya-tanya. Ini bakal menjadi isu yang terus-terusan digunakan kalau tetap tidak dijelaskan," jelas Hendri yang juga pendiri Lembaga Survei Kedaikopi.

Sebagaimana diketahui, awal November lalu, media sosial ramai mempertanyakan kepastian bahwa mobil Esemka akan diluncurkan tahun ini. Warganet mengutip salah satu berita soal calon wakil presiden Ma'ruf Amin berjanji bahwa Esemka akan diluncurkan pada akhir Oktober.

Meski Kiai Ma'ruf kemudian mengklarifikasi bahwa kabar akan diluncurkan mobil Esemka pada Oktober 2018 adalah keinginan dari produsen. Dia pun mengaku belum tahu waktu pasti peluncuran Esemka. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA