Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Semester Pertama, Perekonomian Indonesia Relatif Terjaga

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 21 November 2018, 21:40 WIB
Semester Pertama, Perekonomian Indonesia Relatif Terjaga
Susiwijono/Net
rmol news logo Di tengah gejolak dan perlambatan ekonomi global, perekonomian Indonesia mampu tumbuh 5,17 persen pada semester I-2018, lebih tinggi dari pertumbuhan tahun sebelumnya yang hanya 5,01 persen.

Demikian disampaikan Sekretaris Kemenko Bidang Perekonomian Susiwijono dalam talkshow bertajuk 'Pencapaian Program Ekonomi Pemerintahan Jokowi & JK di Jember, Jawa Timur, Rabu (21/11).

"Inflasi juga berhasil dikendalikan di bawah empat persen selama empat tahun terakhir," katanya.

Dia menambahkan, cadangan devisa juga tetap memadai untuk pembayaran utang luar negeri (ULN). Serta stabilisasi nilai tukar, meski sektor eksternal Indonesia mengalami tekanan karena dampak ekonomi global.

"Termasuk ULN juga relatif terjaga, tumbuh pada tren yang menurun dengan komposisi sebagian besar adalah ULN jangka panjang. Meskipun mengalami pelebaran, defisit transaksi berjalan Indonesia masih berada pada rentang aman," jelas Susiwijono dalam keterangannya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik, selama empat tahun ke belakang, indikator sosial Indonesia membaik. Tingkat kemiskinan untuk pertama kalinya berada di level satu digit yaitu 9,82 persen di bulan Maret 2018. Rasio gini dan tingkat pengangguran di tahun 2018 juga menurun masing-masing berada di angka 0,389 persen dan 5,13 persen. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA