Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Rachmawati: Seni Lukis Mengirimkan Pesan Kebangsaan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Minggu, 18 November 2018, 01:17 WIB
Rachmawati: Seni Lukis Mengirimkan Pesan Kebangsaan
Rachmawati Soekarnoputri/RMOL
rmol news logo Karya seni lukisan dapat mengirimkan pesan-pesan tentang kehidupan dan kemanusiaan, harapan dan cita-cita sebuah bangsa yang ingin berdaulat dan menempatkan diri pada posisi yang pantas di arena percaturan dunia.

Demikian disampaikan Pendiri Yayasan Pendidikan Soekarno (YPS) Rachmawati Soekarnoputri ketika membuka pameran lukisan karya pelukis Edo Abdullah di Rumah Seni dan Ngopi Marto di kawasan Pondok Labu, Jakarta Selatan, Sabtu malam (17/11).

Pameran itu mengambil tema "Ekspresi Renungan Eksistensi Eko Abdullah".

Rachma menyampaikan salah satu pesan penting yang pernah disampaikan Bung terkait karya seni lukisan. Kata Bung Karno, seperti dikutip Rachma, sebuah karya seni lukis harus memiliki roh atau jiwa.

Karena itu, tidak sembarang orang yang bisa melukis dengan karya yang memiliki jiwa.

"Lukisan harus ada roh atau jiwanya, bukan sekadar lukisan. Karena di dalamnya ada suatu pesan atau misi yang disampailkan," ujar Rachma.

Rachma mengatakan, dirinya sedikit banyak memahami soal karya seni lukis karena sering diajarkan untuk mengapresiasi karya lukis seni oleh sang ayah. Salah satu lukisan yang disukai Bung Karno karena memiliki jiwa dan sekaligus pesan kebangsaan adalah lukisan Joko Tarub karya Basuki Abdullah.

Rachma berharap pameran lukisan karya Edo Abdullah ini mampu menampilkan pesan-pesan yang kuat lewat karya seni lukis. [nes]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA