Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Satu Persen Penguasa Ekonomi Itulah Yang Genderuwo

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/adityo-nugroho-1'>ADITYO NUGROHO</a>
LAPORAN: ADITYO NUGROHO
  • Kamis, 15 November 2018, 00:09 WIB
Satu Persen Penguasa Ekonomi Itulah Yang Genderuwo
Farouk Abdullah Alwyn/RMOL
rmol news logo Satu persen penduduk Indonesia yang menguasai perekonomian termasuk kepemilikan lahan merupakan genderuwo ekonomi yang sesungguhnya.

Semikian disampaikan ekonom Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Farouk Abdullah Alwyn saat diskusi Rabu Biru di Prabowo-Sandi Media Center, Jalan Sriwijaya, Jakarta, Rabu (14/11).

"Data dari World Bank ini cukup mengejutkan, satu persen penduduk mengendalikan 50 persen penduduk. Satu persen inilah genderuwo," ujarnya.

Menurut Farouk, dengan data seperti itu menggunakan pendekatan apapun tetap bertentangan. Apalagi berdasarkan konsep yang ideal yaitu sistem syariah.

"Kita tidak perlu bicara ayat, dalam pendekatan universal kondisi itu sudah tidak sesuai. Ya sebenarnya konsep syariah juga berdasarkan pendekatan universal," jelasnya.

Farouk yang juga pengurus DPP PKS menyebut ketimpangan itu terjadi karena angka kemiskinan di Indonesia terus bertambah. Sementara, data-data yang disampaikan pemerintah tidak memiliki tolok ukur jelas soal standar kemiskinan.

"Saya kira jumlah angka kemiskinan jauh lebih besar karena pendekatan yang dipakai pemerintah itu dengan pendapatan Rp 400 ribu. Berarti kan bisa lebih besar lagi data kemiskinan," imbuhnya. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA