Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ultah Ke 47, Korpri Gelar MTQ Tingkat Nasional Ke-4 Di Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/aldi-gultom-1'>ALDI GULTOM</a>
LAPORAN: ALDI GULTOM
  • Jumat, 09 November 2018, 15:34 WIB
rmol news logo Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Nasional bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) IV Tingkat Nasional 2018 di Jakarta, 11-17 November 2018.

Kegiatan MTQ kali ini bertemakan 'Dengan MTQ Korpri Wujudkan Anggota Korpri yang Berpikir dan Bekerja Cerdas serta Berakhlakul Karimah'. Kegiatan ini juga dalam rangkaian peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-47 Korpri yang jatuh setiap 29 November.

Ketua Panitia Nasional HUT ke-47 Korpri Ukus Kuswara mengatakan, MTQ ke-4 ini digelar dimaksudkan dalam rangka meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT melalui pemahaman, penghayatan, dan pengamalan nilai-nilai Alquran, khususnya bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai anggota Korpri.

"MTQ Korpri telah dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan juga di kementerian dan lembaga non-pemerintah yang akhirnya bermuara di tingkat nasional. MTQ Korpri Tingkat Nasional akan memperebutkan Piala Bergilir Ketua Umum Dewan Pengurus Korpri Nasional selain uang pembinaan," ujar Ukus, yang juga Sekretaris Kementerian Pariwisata itu, dalam rilisnya, Jumat (9/11).

Ukus melanjutkan, kegiatan tahun ini juga mendapat dukungan dari Pemprov DKI Jakarta sebagai tuan rumah. MTQ Korpri Tingkat Nasional pertama diselenggarakan di Makassar, Sulawesi Selatan, pada 2012 lalu.

"Khusus MTQ Nasional dilaksanakan dua tahun sekali dalam rangka HUT Korpri sejak 2012. Pada 2014, MTQ Korpri Tingkat Nasional ke-2 digelar di Banda Aceh dan MTQ Korpri Tingkat Nasional ke-3 dilaksanakan di Samarinda pada 2016 lalu," terang pria asal Jawa Barat itu menambahkan.

MTQ Korpri Tingkat Nasional ke-4 tahun ini rencananya dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan diikuti oleh para kafilah yang mewakili 34 provinsi dan 76 kementerian/lembaga.

Adapun cabang dan golongan yang dimusabaqahkan atau dilombakan terdiri atas lima cabang dengan delapan golongan, yakni Tartil Quran (putra dan putri), Tilawah Quran (putra dan putri), Hifzhil Quran terdiri atas golongan Juz 30 (putra dan putri), golongan dua Juz Plus (surah al-Baqarah/putra dan putri), golongan lima Juz Plus (surah al-Baqarah sampai an-Nisa/putra dan putri), golongan 7 surat pilihan (al-Kahfi, as-Sajadah, Yasin, ad-Dukhan, ar-Rahman, al-Waqi’ah, dan al-Mulk/putra dan putri).

Kemudian ada cabang Dakwah Quran, golongan dai dan da’iyah (putra dan putri), dan terakhir cabang Khath Quran, terdiri atas golongan dekorasi (putra dan putri) serta golongan Kaligrafi Kontemporer (putra dan putri).

Ukus menyampaikan bahwa rangkaian kegiatan MTQ IV Tingkat Nasional Korpri diawali dengan malam ta’aruf dan pelantikan Dewan Hakim di Balai Kota DKI pada Sabtu (10/11).

"Kemudian pembukaan dilaksanakan di Padepokan Pencak Silat TMII pada Minggu (11/11) yang sebelumnya dimeriahkan acara bazar di Asrama Haji Pondok Gede," kata Ukus.

Adapun babak penyisihan MTQ IV berlangsung dari 12 hingga 14 November. Sedangkan final pada 16 November. Kegiatan ini bakal ditutup secara resmi dengan pengumuman para pemenang pada 17 November.[wid]


    
   
   
 

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA