Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belajar Dari Pengalaman, RSCM Berencana Bentuk Tim Khusus Penanggulangan Bencana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 09 Oktober 2018, 12:12 WIB
Belajar Dari Pengalaman, RSCM Berencana Bentuk Tim Khusus Penanggulangan Bencana
Lies Dina Liastuti/RMOL
rmol news logo . Rumah Sakit Umum Pusat Nasional Dr. Cipto Mangunkusumo (RSCM) Jakarta menyiapkan tim khusus untuk menangani korban bencana alam di Indonesia. Hal itu dilakukan karena Indonesia masuk dalam kawasan ring of fire rawan bencana.

Direktur Utama RSCM, dr. Lies Dina Liastuti mengatakan, berdasarkan pengalaman mengirim tenaga medis dalam membantu korban gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat dan Palu, Sulawesi Tengah, pihaknya berniat untuk membentuk tim medis khusus untuk penanggulangan bencana.

"Kita butuh kesiapan tenaga yang terus menerus dilatih. Makanya saya, di RSCM akan membuat tim khusus sebagai tim disaster atau tim penanggulangan bencana yang orangnya akan ada dan kita bisa siap siaga selalu setiap saat tanpa kekurangan dan sebagainya. Mereka diberi pelatihan dan sebagainya," katanya kepada redaksi di Auditorium Gedung A, RSCM, Jakarta Pusat, Selasa (9/10).

Namun demikian, dokter Lies mengakui bahwa mereka masih terkendala anggaran. Makanya, dia berharap kementerian terkait dalam hal ini Kementerian Kesehatan, Kementerian Sosial dan lainnya untuk ikut berpartisipasi.

"Karena selama ini pemerintah barangkali belum mengalokasikan ke rumah sakit kalau misalkan pergi ke daerah bencana itu dari mana uangnya itu, belum. Tapi kan ini saya katakan sekali lagi adalah pembelajaran. Mungkin dengan belajar dari kasus yang ada, baik itu Lombok maupun Sulteng, terpikirkan," harapnya.

Tidak hanya dana dari pemerintah, dokter Lies juga mempersilahkan jika ada donatur, termasuk BUMN dan perusahaan swasta yang ingin ikut berpartisipasi dalam menyiapkan tim medis khusus dari RSCM untuk penanggulangan bencana di Tanah Air.

"Kita tidak hanya mengandalkan APBN dari pemerintah. Inikan tanggung jawab kita sebagai rakyat Indonesia," demikian Lies Dina Liastuti. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA