Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

GEMPA & TSUNAMI SULTENG

Pesawat Bantuan India Dan Singapura Sudah Mendarat Di Balikpapan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 04 Oktober 2018, 17:08 WIB
Pesawat Bantuan India Dan Singapura Sudah Mendarat Di Balikpapan
Arrmanatha Nasir/Net
rmol news logo Bantuan asing untuk korban gempa bumi dan tsunami yang terjadi di wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng) sudah mulai masuk.

Jurubicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Arrmanatha Nasir menyebut bahwa Kemenlu telah memproses semua permintaan izin penerbangan masuk ke Indonesia untuk bantuan asing. Dia mencatat ada sebanyak 11 permintaan dari negara asing yang telah diizinkan

“Bahkan pesawat berisi bantuan dari negara sahabat sudah masuk, yaitu Singapore dan India sudah ada di Indonesia, sudah ada di Balikpapan dan Palu," ungkapnya dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Jakarta, Kamis (4/10).

Meskipun izin penerbangan telah diberikan, namun pesawat-pesawat bantuan itu tidak serta merta bisa langsung masuk. Ini mengingat kapasitas Bandara Palu yang terbatas.

"Harus diingat kapasitas airport yang ada di Palu dan kota-kota sekitarnya mungkin tidak bisa menampung pesawat," sambungnya.

Untuk itu, pesawat bantuan asing diharuskan menunggu kapasitas bandara senggang untuk bisa masuk ke Palu.

"Saya tekankan kepada rekan-rekan media, data tersebut akan terus berubah bahkan setiap jam baik dari jumlah bantuan dari negara-negara yang menawarkan," tandasnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA