Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kekeringan, 1.571 KK Di Sukoharjo Sulit Akses Air Bersih

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Senin, 24 September 2018, 11:24 WIB
Kekeringan, 1.571 KK Di Sukoharjo Sulit Akses Air Bersih
Bantuan air bersih/RMOLJateng
rmol news logo . Sejumlah desa di wilayah Sukoharjo Selatan masih mengalami kekeringan. Setidaknya ada  1.571 Kepala Keluarga (KK) atau 5.095 warga dari enam desa di Kecamatan Tawangsari dan Weru yang masih mengalami kesulitan mengakses kebutuhan air bersih untuk keperluan sehari-hari.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Sri Maryanto, mengatakan, desa yang terdampak kekeringan di Kecamatan Tawangsari yaitu di Desa Watubonang. Sedangkan di Kecamatan Weru berada di Desa Alasombo, Desa Jatingarang, Desa Ngreco, Desa Tawang dan Desa Karangmojo.

“Warga sudah kesulitan mengakses air bersih melalui sumur-sumur yang ada sejak bulan Juli 2018. Praktis, saat ini mereka mengandalkan bantuan air bersih yang diberikan oleh sejumlah kalangan swasta maupun pemerintah," terang Sri Maryanto, seperti dilansir Kantor Berita RMOL Jateng.

Sri menambahkan, hingga saat ini, sekitar 166 tangki dengan isi 4000 liter per tangki sudah didistribusi ke wilayah yang mengalami kekeringan itu.

Sejumlah komunitas juga aktif membantu masyarakat yang mengalami kekeringan ini. Seperti pada Minggu (23/9), dimana ada dua komunitas masyarakat mengirim air bersih.

Bantuan pertama dari Forum Komunikasi Masyarakat Sukoharjo Makmur (FKMSM) bekerjasama dengan PDAM Sukoharjo, Bank Jateng dan Solo Peduli, memberikan bantuan air bersih sebanyak 20 tanki air.

Kemudian dari paguyuban Solidaritas Masyarakat Sukoharjo (SMS) menyumbang 30 tanki air bersih yang pendistribusiannya diserahkan melalui BPBD Sukoharjo. [yls]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA