Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tentang Tabut Bengkulu dan Tabuik Pariaman

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/yelas-kaparino-1'>YELAS KAPARINO</a>
LAPORAN: YELAS KAPARINO
  • Minggu, 09 September 2018, 10:51 WIB
Tentang Tabut Bengkulu dan Tabuik Pariaman
Tabuik Pariaman/Net
rmol news logo . Bengkulu akan menggelar Festival Tabut 2018 pada 10-20 September mendatang. Di Sumatera Barat, Kabupaten Pariaman juga menggelar acara serupa dengan nama Tabuik.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Seperti dilansir Kantor Berita  RMOLBengkulu, Minggu (9/9), kedua acara ini punya semangat sama, yakni, memperingati tahun baru Islam dengan mengenang kepahlawanan dan kematian cucu Nabi Muhammad SAW, yakni Hussein bin Ali yang terbunuh di Padang Karbala.

Di Pariaman, acara tahunan ini akan berlangsung pada 11-23 September 2018 dengan 10 rangkaian prosesi kegiatan yang dimulai dengan prosesi maambiak (mengambil) tanah, maambiak batang pisang, maatam (ekspresi kesedihan), maradai (mengundang simpati), maarak (mengarak) jari-jari, maarak saroban, tabuik naik pangkek, mahoyak tabuik dan puncaknya tabuik dibuang.

Festival Tabuik sendiri, merupakan ritual upacara atau kegiatan dalam rangka memperingati Asyura, gugurnya Imam Husain, cucu Nabi Muhammad SAW, yang dilakukan oleh masyarakat Kota Pariaman. Di Festival Tabuik ini, akan menggambarkan kembali suasana Pertempuran Karbala, yang terjadi pada tanggal 10 Muharram, tahun ke-61 dalam kalender Islam.

Pertempuran berlangsung antara pendukung dan keluarga cucu Nabi Muhammad SAW, yakni Husain bin Ali dengan pasukan militer yang dikirim oleh Yazid bin Muawiyah, Khalifah Bani Umayyah.

Festival Tabuik ini selalu diselenggarakan oleh masyarakat Pariaman sejak 1982 sebagai bentuk penghormatan dan mengenang perjuangan dan Husain Bin Ali. Festival Tabuik di Abad XXI kini bukan lagi hanya kegiatan memperingati Asyura, gugurnya Imam Husain, melainkan berkembang lebih jauh sebagai festival yang masuk di kalender kegiatan pariwisata Sumatera Barat.

Jadi, meski prosesi ritual awal dimulai pada 1 Muharram, pelaksanaan acara puncaknya dari tahun ke tahun terus berubah, tidak lagi harus jatuh pada tanggal 1 Muharram, melainkan menyesuaikan dengan hari libur.

Menanggapi Festival Tabut Bengkulu, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, pelaksanaan acara Tabut Bengkulu dijadikan sebagai acara utama, akar dari agenda pariwisata Bengkulu.

"Tabut Bengkulu masuk di antara 10 Calendar of Event (CoE) Wonderful Wonderful Indonesia yang digelar dalam tahun ini. Acara budaya unggulan Bengkulu ini sepenuhnya dapat dukungan dari Kementrian Pariwisata," tandas Arief. [yls]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA