Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Baznas Award Pacu Semangat Kebangkitan Zakat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Sabtu, 08 September 2018, 15:15 WIB
Baznas Award Pacu Semangat Kebangkitan Zakat
Baznas Award 2018/RMOL
rmol news logo Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) akan kembali memberikan anugerah perzakatan tahun 2018.

Kegiatan bertajuk Baznas Award 2018 memberikan penghargaan kepada Baznas dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) tingkat provinsi dan kabupaten/kota, Unit Pengumpul Zakat (UPZ), swasta dan sejumlah kepala daerah, Kemudian tokoh dan media pendukung kebangkitan zakat.

"Tahun ini Baznas kembali menganugerahi penghargaan kepada Baznas dan LAZ terbaik, para tokoh, kepala daerah, dan media yang konsisten dalam mendukung program-program kebangkitan zakat. Ini kami rangkai dalam Baznas Award agar semakin memacu kebangkitan zakat di negeri ini," jelas Ketua Baznas Prof. Bambang Sudibyo dalam keterangannya, Sabtu (8/9).

Dia menjelaskan, kegiatan apresiasi tersebut juga merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka memperingati HUT ke-73 RI. Diharapkan, Baznas Award yang kali ini diberi tajuk 'Kuat Karena Zakat' mampu memberi dampak positif untuk terus menginspirasi dan mendukung kemajuan dunia perzakatan.

Lanjut Bambang, Baznas Award bertujuan mendorong optimalisasi pengelolaan zakat nasional, mempererat tali silaturahmi antara Baznas dan LAZ. Juga memupuk semangat kebangsaan antar generasi untuk memperkuat ketahanan nasional menghadapi tantangan global.

Ketua Panitia Baznas Award 2018 Jaja Jaelani menambahkan, semua pemenang akan diumumkan pada malam anugerah perzakatan.

Ada beberapa katagori penilaian yakni Pertumbuhan Penghimpunan ZIS Terbaik, Pendistribusian dan Pendayagunaan ZIS Terbaik, Program Pemberdayaan Ekonomi Terbaik, Laporan Tahunan Terbaik, dan BAZNAS dan LAZ Terbaik. Ini berlaku untuk BAZNAS dan LAZ pusat atau nasional dan daerah (provinsi dan kabupaten/kota).

"Kemudian untuk pemerintah provinsi dan kabupaten/kota katagori Pendukung Kebangkitan Zakat 2018 dinilai berdasarkan kepatuhan pada undang-undang, alokasi anggaran rutin untuk Baznas dalam persentase terhadap belanja APBD, penyediaan kantor Baznas dan sarana pendukung lainnya, frekuensi keterlibatan kepala daerah pada kegiatan Baznas tahun 2017," paparny.

Selain itu, ada juga penghargaan untuk kepala daerah terbaik, UPZ terbaik, muzaki badan terbaik, muzaki individu terbaik, media pendukung kebangkitan zakat, dan tokoh pendukung kebangkitan zakat.

"Untuk para pemenang akan menerima piagam penghargaan dan tropi," ucap Jaja.

Dia menambahkan, Baznas Award juga dimeriahkan dengan pagelaran seni budaya religi oleh para siswa Sekolah Cendekia Baznas (SCB) dan juga jingle zakat. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA