Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Indeks Kepuasan Jemaah Diumumkan Sebulan Setelah Penyelenggaraan Haji

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 07 September 2018, 15:34 WIB
Indeks Kepuasan Jemaah Diumumkan Sebulan Setelah Penyelenggaraan Haji
Ka'bah/Dok
rmol news logo Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia masih terus disurvei. Sudah 80 persen jemaah haji di Mekkah dan 45 persen jemaah haji di Madinah yang mengisi kuisioner Indeks Kepuasan Jemaah Haji tersebut.

Kepada Tim Media Center Haji (MCH) Daerah Kerja Makkah, Koordinator Tim Survei Badan Pusat Statistik (BPS) Edi Prawoto mengatakan, Indeks Kepuasan Jemaah Haji akan terus dilakukan sampai seluruh jemaah haji Indonesia meninggalkan Tanah Suci.

"Masih berlangsung. Pengumuman sebulan setelah penyelenggaraan haji ini selesai," dulansir dari laman kemenag.go.id, Jumat (7/9).

Edi menuturkan, banyak jemaah haji Indonesia antusias mengisi kuesioner yang diberikan BPS.

Edi menjelaskan alur survei yang dilakukan BPS sebagai berikut, pertama jemaah haji dari regu terpilih akan menerima kuesioner dari ketua regu masing-masing.

Kedua, kuesioner diisi sesuai petunjuk yang ada. Sedangkan ketiga, kuesioner yang telah diisi lengkap dikembalikan kepada ketua regu. Untuk yang keempat, ketua regu memasukkan kuesioner yang telah diisi ke dalam amplop besar.

Lalu kelima, ketua regu menyerahkan dokumen hasil pengisian kepada ketua kloter, dan terakhir keenam, ketua kloter menyerahkan ke petugas di sektor.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memang menargetkan Indeks Kepuasan Jemaah Haji tahun 2018 ini bisa meningkat di angka 85 persen.

Tahun 2017 lalu, Indeks Kepuasan menyentuh angka 84,85 persen naik dari tahun sebelumnya, 2016 yakni 83,83 persen. [fiq]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA