Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

LPSR Sinergikan Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Bidang Komunikasi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 05 September 2018, 21:22 WIB
LPSR Sinergikan Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Bidang Komunikasi
Konferensi KNP2K/Dok
rmol news logo London School of Public Relations Jakarta melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menyelenggarakan Konferensi Nasional Penelitian danPengabdian Masyarakat bidang Komunikasi (KNP2K) yang bertema 'Sinergi Komunikasi Strategis untuk Edukasi Publik'.

KNP2K ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdiankepada masyarakat dalam bidang komunikasi. Berbagai  kegiatanKNP2K adalah call for abstract, seminar, dan presentasi makalah padaparallel session. Acara ini diadakan pada tanggal 5-6 September 2018 di kampus LSPR, Jakarta.

Dua pembicara yaitu Vice President Corporate Communication PT Telkom Indonesia Arif Prabowo dan Direktur Sistem Inovasi Direktorat Jenderal Penguatan Inovasi, Kemenristekdikti hadir menjadi narasumber pada seminar nasional yang mengangkat topik 'Karya Terbaik untuk Memenangkan Pasar Global'.

"Saya berharap dengan adanya acara ini dapat membangun sinergiuntuk terciptanya pengabdian masyarakat berbasis penelitian, serta memberikan pemahaman bagaimana implementasi dalam kajiankomunikasi. Selain itu, saya juga ingin merekomendasikan kepadapemerintah mengenai langkah-langkah komunikasi strategis dalammengedukasi publik," ujar Ketua KNP2K Lestari Nurhajati, Rabu (5/9).

Salah satu hasil nyata konferensi nasional ini adalah dipilihnya 40 artikel terbaik, dan dipublikasikan melalui jurnal nasional terakreditasi DIKTI sebanyak 8 artikel. Sedangkan 32 artikel lainnya akan masuk jurnal online bernomor seri standar internasional atau ISSN, dan 126 artikel lainnya akan dipublikasikan melalui proceeding KNP2K yang memiliki ISSN.

Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan PendidikanTinggi , Ainun Na’im, salah satu keynote speaker KNP2K LSPR Jakarta menggambarkan pertumbuhan artikel ilmiah dari Indonesia meningkat pesat di tahun 2017–2018, terutama yang tercatat di Scopus Index, baik itu dalam bentuk artikel jurnalmaupun proceeding Konferensi.

Selain itu tercatat di Indonesia ada 215 jurnal bidang bahasa dan komunikasi yang memuat lebih dari 21.967 tulisan. Mengacu pada laman Lembaga Ilmu Pengetahuan dan Indonesia, ISSN merupakan tanda pengenal unik setiap terbitan berkala yang berlaku global.

ISSN diberikan oleh ISDS (International Serial Data System) yang berkedudukan di Paris, Perancis. ISSN diadopsi sebagai implementasi ISO-3297 di tahun 1975 olehSubkomite no. 9 dari Komite Teknik nomor 46 dari ISO (TC 46/SC 9).

ISDS mendelegasikan pemberian ISSN baik secara regional maupun nasional. Untuk regional Asia dipusatkan di Thai National Library, Bangkok, Thailand.

Wakil KetuaPelaksana KNP2K dan Kepala Lembaga Pengabdian kepadaMasyarakat LSPR Jakarta, Yuliana R. Prasetyawati, mengatakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibidang komunikasi yang ada di berbagai perguruan tinggi di Indonesia haruslah terus ditingkatkan.

Termasuk untuk terus mampu melakukan sinergi denganberbagai pemangku kepentingan, pemerintah, industri, masyarakat danjuga sesama perguruan tinggi.

"Sinergi komunikasi dalam berbagaikegiatan dalam bentuk edukasi pada publik adalah sebuah langkah yang perlu dilakukan dan dikembangkan sehingga menjadi sangat pentingsemua pihak yang terlibat untuk melakukan kajian secara bersama-sama. KNP2K LSPR Jakarta merupakan konferensi nasional pertamayang mensinergikan hasil penelitian dan pengabdian kepadamasyarakat," kata Yuliana.

Sebagai contoh, pada awal Agustus 2018, LPPM LSPR Jakarta hadir ditengah-tengah masyarakat melalui Program LiterasiInternet Ramah Anak yang dilaksanakan di delapan RPTRA. Program ini merupakan sinergi antara Pengabdian kepada masyarakat dan penelitian.

"Kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi segenap civitasLSPR Jakarta  yang didukung penuh oleh  pemerintah DKI Jakarta danLSM. Oleh karena itu, inilah saatnya solusi untuk berbagai permasalahan  dibidang komunikasi yang terjadi dalam masyarakatdiperoleh melalui hasil sinergi  penelitian dan pengabdian kepadamasyarakat," beber Yuliana.

Sementara Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik KementerianKomunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti yang merupakan keynote speaker KNP2K LSPR Jakarta menyampaikan,  dalam satu menit distribusi informasi melalui twitter sebanyak 3,3 juta dan melalui WA ada 29 juta informasi.

Pertanyaannya, apakah jumlah distribusi informasi yang demikian besar sejalan dengan value/nilai informasi, mengingat informasi yang membanjiri masyarakatadalah informasi negatif.

Maka diharapkan peran akademisi danpraktisi bidang komunikasi untuk memberikan solusi dari permasalahanini. Pola komunikasi di dunia maya saat ini adalah  10 to 90, artinya10 persen kreator dan 90 persen audien, 10 orang aktif memberikan informasidan 90 orang aktif melakukan membagikan dan mereproduksi informasi yang terkadang tidak selalu positif.

Akibatnya kemunculan isu hoax, radikalisme, dan ujaran kebencian menjadi tersebar luas tanpa terkendali. [fiq]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA