Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kekeringan Di Tasikmalaya, Baru 44 Desa Dapat Suplai Air Bersih

Rabu, 05 September 2018, 13:58 WIB
Kekeringan Di Tasikmalaya, Baru 44 Desa Dapat Suplai Air Bersih
Ria Supriatna/RMOLJabar
rmol news logo . Dari 115 desa yang mengalami kekeringan di Kabupaten Tasikmalaya, baru 44 Desa yang mendapatkan bantuan air bersih. Badan Penanggulangan Daerah (BPBD) Tasikmalaya terus berupaya meningkatkan layanan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Tasikmalaya, Ria Supriatna, mengatakan, kekeringan dialami 26 Kecamatan atau 115 Desa. Kendala luas wilayah, membuat bantuan BPBD mengalami kendala.

“Karena memang kondisi jarak yang menjadi kendala dalam pelayanan panyaluran air bersih. Kita baru melayani sebanyak 22 Kecamatan atau 44 Desa," papar Ria seperti dilansir Kantor Berita RMOLJabar, Rabu (5/9).

Dari jumlah 22 Kecamatan dan 44 Desa tersebut, lanjut Ria setidaknya 34 ribu Kepala Keluarga sudah dibantu dengan penyaluran air bersih. Sedangkan air yang sudah didistribusikan mencapai 254 ribu liter.

Ria menambahkan, selain jarak wilayah yang terdampak krisis air bersih cukup jauh, ketersediaan sumber air juga menjadi kendala dalam penyaluran bantuan. BPBD hanya mengandalkan satu sumber air milik PDAM Tirta Sukapura yang berada di Kecamatan Cisayong.

"Kendalanya lokasi kecamatan yang cukup jauh. Ditambah lagi sumber air kita hanya satu, itu milik PDAM, " katanya.

BPBD mengimbau agar Pemerintahan Desa encari sumber air bersih yang bisa digunakan. Agar pihaknya tidak terlalu jauh dalam mengambil air.

"Misalkan di Kecamatan Cikatomas kan ada beberapa desa yang dilanda kekeringan. Kita tidak mungkin pulang pergi membawa air ke sana," pungkas Ria.(yls)

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA