Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kalimalang Bakal Disulap Seperti Sungai Cheonggyecheon

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 03 September 2018, 21:07 WIB
Kalimalang Bakal Disulap Seperti Sungai Cheonggyecheon
Sungai Cheonggyecheon/Net
rmol news logo Sungai Kalimalang yang terbentang dari Curug di Karawang melalui Cikarang dan Kota Bekasi hingga berujung di Jakarta Timur merupakan salah satu ikon Jawa Barat.

Pengelolaan Kalimalang tidak dapat dilaksanakan secara parsial. Bentangan Kalimalang yang melalui beberapa kabupaten dan kota bahkan lintas provinsi membutuhkan koordinasi yang komprehensif dari pemerintah terkait.

Menurut anggota DPRD Jabar Siti Aisyah, dirinya sudah menyampaikan usulan ke pemerintah berkali-kali sejak beberapa tahun lalu. Namun hingga saat ini belum ada gebrakan yang dianggap berarti dari pemerintah provinsi sehingga pelaksanaan di lapangan terkesan business as usual saja.

"Saya sudah beberapa kali menyampaikan secara resmi kepada pemerintah dalam berbagai kesempatan yang relevan. Sudah banyak contoh di dalam dan di luar negeri bagaimana sungai menjadi pusat kegiatan masyarakat yang menyenangkan dan bermanfaat bagi khalayak," jelas Siti dalam keterangannya, Senin (3/9).

Politisi Partai Golkar itu menjelaskan, dirinya terinspirasi dari cara otoritas Kota Seoul dalam menangani Sungai Cheonggyecheon. Seperti diketahui, sungai itu pada masa lalu merupakan ikon kemiskinan di Korea Selatan. Berkat kepiawaian wali kota yang memiliki wawasan planologi, sungai tersebut bisa direvitalisasi tidak hanya sebagai saluran air namun juga menjadi sentra ekonomi dan situs wisata bagi warga dan turis.

"Karena Kalimalang melintasi banyak daerah sudah seharusnya revitalisasi ini dilakukan langsung oleh pemerintah provinsi. Berkat pengalaman dan kemampuan gubernur terpilih saya yakin Kalimalang bisa disulap menjadi seperti Sungai Cheonggyecheon bahkan lebih baik. Kami di DPRD tentu akan memberikan dorongan melalui perencanaan anggaran yang memadai," papar Siti.

Siti juga mengaku sudah menyampaikan ide pengembangan Kalimalang kepada gubernur terpilih agar menjadi prioritas di masa mendatang,

"Seperti yang kita tahu latar belakang Ridwan Kamil sebagai arsitek dan urban planner level dunia pasti akan lebih dari cukup untuk membenahi," pungkasnya. [wah]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA