Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Belatung Juga Bermanfaat Untuk Hal Ini

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sukardjito-1'>SUKARDJITO</a>
LAPORAN: SUKARDJITO
  • Jumat, 31 Agustus 2018, 05:07 WIB
Belatung Juga Bermanfaat Untuk Hal Ini
Foto/RMOL
rmol news logo Belatung selama ini sebagaian orang menganggap tak ada manfaatnya. Namun, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung mulai memanfaatkan binatang itu untuk mengelola sampah organik di wilayahnya.

Bupati Bandung Dadang M Naser menyebut dengan adanya hewan belatung itu dapat mengurai sampah sekaligus bisa menjadi pakan hewan berprotein sangat tinggi.

"Hewan yang dikenal dengan nama magot ini merupakan larva yang berkembangbiak dengan cepat memakan berbagai macam sampah organik," ujarnya, Kamis (30/8).

Menurut Dadang, jika maggot dikembangkan dengan serius, selain mengurangi timbulan sampah organik juga sangat bagus untuk dimanfaatkan menjadi pakan ternak hewan.

"Sampah sisa sayuran, buah, daging, atau sisa makanan sehari-hari jangan dibuang begitu saja, tapi dipisahkan ke dalam LCO (Lubang Cerdas Organik)," tutur Dadang.

Dalam kurun waktu tertentu, lanjut dia, sampah yang terkumpul di LCO itu akan dipenuhi lalat lalu bertelur. Larva itu kata Dadang bisa hancurkan sampah organik.

"Pembudidayaan maggot (belatung) melalui sampah organik adalah salah aktivitas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat sebagai upaya pengelolaan lingkungan," tuturnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Bandung itu juga berjanji akan terus melakukan inovasi, program yang diharapkan diikuti masyarakat, termasuk dalam hal pemanfaatan sampah. [jto]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA