Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pemkot Pagar Alam Tunda Pemberian Vaksin Campak Dan Rubella

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 28 Agustus 2018, 15:01 WIB
Pemkot Pagar Alam Tunda Pemberian Vaksin Campak Dan Rubella
Suntik Vaksin/Net
rmol news logo Terkait polemik program nasional vaksinasi campak dan rubella di Indonesia saat ini, Pemkot Pagar Alam, Sumatera Selatan terpaksa melakukan penundaan pemberian vaksin tersebut sambil menunggu petunjuk lebih lanjut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Kabid Pencegahan Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Pagar Alam, Sobur Wicaksono menyampaikan, MUI Kota Pagaralam mengirimkan surat serta mengadakan audensi langsung dengan jajaran pemerintah daerah, untuk membahas tentang kehalalan produk vaksin MR asal India yang menjadi acuan program nasional tersebut.

"Dalam pertemuan tersebut kedua pihak menyepakati penundaan pelaksanaan program vaksinasi MR di Pagar Alam. Pasalnya vaksin tersebut diduga mengandung unsur hewan babi dan jaringan tubuh manusia yang berdasarkan fatwa MUI pusat, yang telah diedarkan menyatakan bahwa produk vaksin tersebut adalah Haram," ujarnya diberitakan Kantor Berita RMOLSumsel, Selasa (28/8).

Ia berujar, selain hasil kesepakatan tersebut pihaknya juga telah menerima surat edaran dari Kementrian Kesehatan tentang petunjuk sementara program nasional tersebut.

"Dalam surat edaran bernomor HK 02.01/MENKES/444/2018 diintruksikan kepada seluruh pemerintah daerah untuk tetap menkampayekan program vaksinasi nasional Campak dan Rubella tersebut. Namun dalam pelaksaannya berdasarkan hasil kesepakatan dengan pihak MUI pusat menyatakan pelaksaan vaksinasi diundur," paparnya.

Hal ini mempertimbangkan kehalalan atau kebolehan dalam aspek syar'i bagi masyarakat muslim. Dia menambahkan, bagi masyarakat akan divaksinasi setelah adanya fatwa akan dilaksanakan paling lambat pada akhir September 2018.

"Namun bagi masyarakat yang tidak memiliki keterikatan secara Syar'i, program ini akan tetap berjalan sesuai jadwal nasional," demikian Sobur. [fiq]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA