Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Humas BNPB: Peringatan Gempa Besar Di Jakarta Dan Jabar Hoax

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Sabtu, 25 Agustus 2018, 08:59 WIB
Humas BNPB: Peringatan Gempa Besar Di Jakarta Dan Jabar Hoax
rmol news logo . Ancaman gempa bumi di DKI Jakarta dan Jawa Barat kembali disebar orang yang tidak bertanggung jawab.

Ancaman itu kini tersebar di dunia maya dan membuat sebagian masyarakat resah.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, peringatan gempa bumi di Jakarta dan Jabar yang sudah viral adalah kabar bohong alias hoax.

"Peringatan akan terjadi gempa di Jakarta dan Jawa Barat adalah hoax," kata dia lewat akun Twitter @Sutopo_PN sesaat lalu (Sabtu, 25/8).

Peringatan dalam bentuk tulisan dan template itu memuat pesan bahwa akan terjadi gempa besar di Jakarta dan Jabar dengan kekuatan 8.0 skala richtera (SR).

"Jangan percaya dan jangan resah. Tak ada satu negara dan organisasi resmi di dunia yang mampu memprediksi gempa secara pasti. Jika menerima informasi semacam ini abaikan. Jangan ikut menyebarkan. Segera hapus," demikian Sutopo.

Dalam beberapa kesempatan, Sutopo menerangkan, kabar hoax adalah momok yang begitu mengganggu bagi masyarakat pengguna informasi digital dewasa ini.

Pihaknya kerap menemui hoax terkait bencana alam terutama pasca Gempa Lombok. Masyarakat diminta untuk tidak percaya dan tidak menyebarkan informasi yang tidak akurat. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA