GEMPA LOMBOK

Fahri: Pemerintah Lebih Peduli Pariwisata Ketimbang Korban Gempa

Senin, 20 Agustus 2018, 21:29 WIB | Laporan: Hendry Ginting

Fahri Hamzah/RMOL

Pemerintah seharusnya lebih memprioritaskan penanganan korban bencana gempa Lombok ketimbang mempertahankan citra pariwisatanya.

Itu ditegaskan Wakil Ketua DPR RI, Fahri Hamzah, yang terus menuntut pemerintah meningkatkan status bencana gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat.

"Tidak bisa musibah yang sudah terjadi dan korban yang sudah berjatuhan dibandingkan dengan pariwisata yang belum kejadian," kata Fahri Hamzah dalam pesan singkat kepada wartawan, Senin (20/8).

Fahri menanggapi kabar dari Menteri Koordinator Kemaritiman, Luhut Pandjaitan, yang menyebut ada kekhawatiran Presiden Jokowi akan hancurnya pariwisata Lombok bila status bencana dinaikkan menjadi bencana nasional. Padahal, yang harus diprioritaskan adalah korban bukan pasar pariwisata yang sensitif terhadap situasi alam.

"Saya kira alasan pemerintah hanya untuk mempertahankan ego dan kurang memperhatikan keadaan rakyat," sindir Fahri Hamzah.

Dia mengaggap pemerintah pusat tidak mengerti apa yang terjadi di Lombok, skala persoalannya dan apa yang diperlukan untuk menanganinya. Selain itu, pemerintah terlihat bekerja tanpa konsep dan komando dalam penanganan bencana di Lombok.

"Bekerja tanpa aturan dan mekanisme, pemerintah kayak LSM. Sementara yang dibutuhkan masyarakat Lombok adalah pemerintah sebagai wakil negara dengan menaikkan status gempa Lombok sebagai bencana nasional," sesal Fahri Hamzah. [ald]
Editor: Aldi Gultom

Kolom Komentar


Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019
Video

Mulai Panas, Nasdem Sindir PKB

Kamis, 18 Juli 2019