Edukasi Sejarah Lewat Pentas Seni Gambang Semarang

Senin, 20 Agustus 2018, 03:34 WIB | Laporan: Taufiqurrohman

Gambang Semarang/RMOLJateng

Kesenian Gambang Semarang memiliki nilai budaya dan sejarah yang panjang, kehadirannya menjadi representasi akulturasi keragaman budaya yang ada di kota Semarang.

Untuk itu, Anantaka Cultural Trust berinisiatif untuk membangun sebuah program berkesinambungan untuk memahami kembali benang merah perjalanan kesenian Gambang Semarang.

Direktur Program Seni Budaya Anantaka, Johanis Adityawan mengatakan, pentas seni ini dimeriahkan oleh tiga komunitas sekaligus dalam satu panggung dengan latar belakang yang berbeda-beda.

"Perbedaan tersebut tampak pada pemakaian kostum pentas, gaya bermain musik, gerakan tari bahkan dari nada dasar gamelannya sendiri sudah berbeda. Namun kita coba satukan dalam panggung yang sama malam ini," kata Johanis diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Minggu (19/8).

Dalam pementasan ini, Johanis menggandeng Azis Toyo dari grup Nem7rogo untuk meng-compose musik kolaborasi ketiga komunitas tersebut.

"Mereka banyak membawakan lagu-lagu Semarangan, agar lebih kental nuansa Gambang Semarang,” ungkap Azis.

Johanis berharap dengan adanya pementasan ini masyarakat Semarang mengetahui nilai budaya dan sejarah panjang kota Semarang yang begitu penting. [fiq]
Editor:

Kolom Komentar


Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019