Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Edukasi Sejarah Lewat Pentas Seni Gambang Semarang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 20 Agustus 2018, 03:34 WIB
Edukasi Sejarah Lewat Pentas Seni Gambang Semarang
Gambang Semarang/RMOLJateng
rmol news logo Kesenian Gambang Semarang memiliki nilai budaya dan sejarah yang panjang, kehadirannya menjadi representasi akulturasi keragaman budaya yang ada di kota Semarang.

Untuk itu, Anantaka Cultural Trust berinisiatif untuk membangun sebuah program berkesinambungan untuk memahami kembali benang merah perjalanan kesenian Gambang Semarang.

Direktur Program Seni Budaya Anantaka, Johanis Adityawan mengatakan, pentas seni ini dimeriahkan oleh tiga komunitas sekaligus dalam satu panggung dengan latar belakang yang berbeda-beda.

"Perbedaan tersebut tampak pada pemakaian kostum pentas, gaya bermain musik, gerakan tari bahkan dari nada dasar gamelannya sendiri sudah berbeda. Namun kita coba satukan dalam panggung yang sama malam ini," kata Johanis diberitakan Kantor Berita RMOLJateng, Minggu (19/8).

Dalam pementasan ini, Johanis menggandeng Azis Toyo dari grup Nem7rogo untuk meng-compose musik kolaborasi ketiga komunitas tersebut.

"Mereka banyak membawakan lagu-lagu Semarangan, agar lebih kental nuansa Gambang Semarang,” ungkap Azis.

Johanis berharap dengan adanya pementasan ini masyarakat Semarang mengetahui nilai budaya dan sejarah panjang kota Semarang yang begitu penting. [fiq]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA