Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jejaring Alumni Luar Negeri Jadi Kado HUT Kemerdekaan RI Ke-73

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/amelia-fitriani-1'>AMELIA FITRIANI</a>
LAPORAN: AMELIA FITRIANI
  • Jumat, 17 Agustus 2018, 09:49 WIB
Jejaring Alumni Luar Negeri Jadi Kado HUT Kemerdekaan RI Ke-73
Foto: Istimewa
rmol news logo Sejumlah alumni pelajar Indonesia yang kembali ke tanah air menginisiasi beridirinya Jejaring Alumni Luar Negeri (JALAR) pada hari ini (Jumat, 17/8) tepat di tengah malam tadi, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73.

Bertempat di sebuah gedung di Jalan Majapahit Jakarta, JALAR didirikan karena beberapa alumni pelajar Indonesia yang sudah kembali ke tanah air merasa terpanggil untuk memperkuat sinergi antara alumni dari luar negeri untuk mengakselerasi Indonesia menjadi bangsa yg rukun, unggul dan berdaya saing di berbagai bidang.

Para alumni pelajar ini berani memutuskan kembali ke Indonesia untuk ikut membangun bangsa dengan karya di bidangnya masing-masing. Para alumni pelajar luar negeri ini memiliki pengalaman, keahlian, dan jaringan baik dalam maupun luar negeri yang bisa dimanfaatkan untuk kepentingan bangsa. Hal ini penting karena konteks masalah saat ini yang dihadapi bangsa tidak hanya memiliki nuansa nasional tapi juga internasional.

JALAR diinisiasi oleh para alumni luar negeri yang merupakan tokoh dan pimpinan PPI mancanegara ketika menjalani pendidikan di luar negeri antara lain di Belanda, Jerman, Malaysia, Italia, Inggris, dan Jepang. Para inisiator ini telah berkarya di berbagai bidang antara lain kemaritiman, pembangunan berkelanjutan, minyak dan gas, energi terbarukan, teknologi informasi, sosial politik, dan kesetaraan gender.

Ke depannya JALAR akan  membangun konsolidasi dengan puluhan ribu alumni pelajar Indonesia dari negara lain dan berbagai bidang untuk saling berbagi, melihat problem riil yang dihadapi, mencari dan menjalani solusinya bersama, mentransformasikan pengetahuan dari luar negeri dalam konteks lokal.

"JALAR berdiri atas adanya kesadaran untuk memperkuat sinergi alumni pelajar Indonesia yang sudah kembali ke tanah air untuk menghadapi berbagai tantangan bangsa ke depan dan persembahan kami sebagai kado ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73," tutur salah satu inisiator JALAR, Achmad Adhitya, PhD.

"Kami akan mempersiapkan dialog untuk bangsa dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan di berbagai bidang untuk menghadapi persaingan global," sambungnya seperti keterangan yang diterima redaksi. [mel]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA