Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jepang Negara Pemberi Bantuan Terbesar Saat Indonesia Terkena Bencana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 17 Agustus 2018, 04:53 WIB
Jepang Negara Pemberi Bantuan Terbesar Saat Indonesia Terkena Bencana
Masafumi Ishii dan Ginandjar Kartasasmita/RMOL
rmol news logo . Kedutaan Besar Jepang di Indonesia menyerahkan bantuan Rp. 5 miliar untuk korban bencana alam Lombok, NTB. Bantuan diserahkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

"Kami mewakili pemerintah dan masyarakat Jepang memberikan 30 juta yen, sementara Palang Merah Jepang 10 juta yen. Jadi total semua 40 juta yen atau Rp. 5 miliar," kata Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Masafumi Ishii di Markas Besar PMI, Jakarta, Kamis (16/8).

Sementara itu, rencananya JICA yang merupakan lembaga penanggulangan bencana di Jepang juga akan turut memberikan bantuannya terhadap korban gempa di Lombok.

Ishii mengungkapkan Indonesia adalah negara yang peduli dengan Jepang, seperti halnya pada saat gempa dan tsunami yang terjadi beberapa waktu lalu di negara matahari terbit itu.

Maka dari itu, kata dia, pihaknya juga akan senang membantu jika Indonesia terkena bencana.

Di tempat yang sama, Ketua Harian PMI, Ginandjar Kartasasmita mengatakan, Jepang merupakan negara dengan bantuan terbesar saat Indonesia terkena bencana.

"Mereka membantu kita, mulai dari tsunami Aceh bantuan terbesar saat itu dari Jepang, terus membantu juga saat bencana Merapi, ada Mentawai, ada Wasior di Papua mereka terus membantu. Palang merahnya juga bekerjasama dengan kita (PMI)," tuturnya.

"Yang lain kan baru-baru, Korea, China, tapi bantuan dari Jepang sudah lama," kata Ginandjar menambahkan. [rus]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA