Menhan Ingatkan Penguatan Nilai-nilai Pancasila

Rabu, 08 Agustus 2018, 22:16 WIB | Laporan: Wahyu Sabda Kuncahyo

Foto/Net

Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu menyampaikan kuliah umum di Universitas Tarumanegara, Jakarta, Rabu (8/8).

Kuliah umum dalam rangka pembekalan terhadap 1250 mahasiswa baru tahun akademik 2018-2019 dengan mengangkat tema 'Saya Indonesia, Saya Pancasila.'

Ryamizard menuturkan, Pancasila sebagai ideologi akan kuat dan membumi dalam kehidupan berbangsa apabila dilaksanakan dalam tingkah laku kehidupan warga negara. Menurutnya, ada ancaman terhadap eksistensi ideologi Pancasila di era modern sekarang. Lewat kecepatan teknologi dan informasi dikhawatirkan adanya penyusupan ideologi yang bertentangan dengan Pancasila.

"Mindset Pancasila harus sangat penting. Harus ngerti di dunia banyak ideologi-ideologi seperti liberal, sosialis, komunis," jelas Ryamizard.

Dia menjelaskan, ketiga ideologi tersebut bisa dikalahkan dengan nilai-nilai yang ada dalam Pancasila. Nilai-nilai itu pula yang menjadi pemersatu bangsa Indonesia hingga kini.

Oleh karena itu, Ryamizard meminta penanaman nilai-nilai Pancasila harus terus diperkuat di masyarakat, termasuk di dunia kampus. Sebab, kampus tidak hanya mengembangkan kecerdasan masyarakatnya tetapi juga membangun wawasan kebangsaan.

Dia pun berharap kepada para mahasiswa dapat terus meningkatkan kompetensi dan kapasitas diri untuk mewujudkan cita-cita bangsa.

"Harapannya karakter dan jati diri mahasiswa dalam mengemban amanah dan menimba ilmu menjadi pemimpin memberikan solusi di setiap permasalahan bukan justru sebaliknya," tutur Ryamizard. [wah]
Editor:

Kolom Komentar


Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019
Video

Futsal 3 X Seminggu Tingkatkan Kecerdasan Otak

Selasa, 16 Juli 2019
Video

Garuda Perlu Tinjau Ulang Aturan Mengambil Foto dan Video

Rabu, 17 Juli 2019