Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat Tata Kota: Idealnya Semua JPO Sudirman-Thamrin Diganti Underpass

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Selasa, 24 Juli 2018, 08:24 WIB
Pengamat Tata Kota: Idealnya Semua JPO Sudirman-Thamrin Diganti <i>Underpass</i>
Nirwono Yoga/Net
rmol news logo Rencana Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan merobohkan Jembatan Penyebrangan Orang (JPO) di dekat Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Pusat, disambut positif sejumlah kalangan.

JPO tersebut nantinya diganti jembatan bawah tanah atau underpass.

Pengamat tata kota dari Universitas Trisakti, Nirwono Joga setuju meski rencana Anies itu dinilai terlalu terburu-buru dan jika terlaksana akan menghabiskan biaya yang besar.

"Jembatan bawah tanah lebih ideal namun lebih mahal, tidak menghalangi visual landscape jalan," kata Nirwono saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL.

Namun juga terpenting, kata dia, underpass yang dirancang nanti terintegrasi dengan Mass Rapid Transit (MRT) serta ramah buat masyarakat khususnya anak-anak, ibu hamil, lansia, dan kaum disabilitas.

"Sebenarnya idealnya nanti dengan beroperasinya MRT maka sebaiknya seluruh JPO yang ada di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin dibongkar dan dialihkan jadi underpass jembatan bawah tanah yang langsung menghubungkan trotoar, gedung dengan stasiun MRT  bawah tanah dan halte bus TransJakarta," jelasnya.  

Nirwono menambahkan, sebetulnya rencana merobohkan JPO ini sudah ada sejak lama.  "Sudah ada ketika Pak Sutiyoso jadi Gubernur DKI Jakarta, jadi bukan rencana baru," ulas arsitek lansekap yang juga pengajar universitas Trisakti ini. [wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA