Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Gaji Ketua RT Rp 1 Juta, Desa Tergiur Pemekaran

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Sabtu, 21 Juli 2018, 05:50 WIB
rmol news logo Rencana kenaikan gaji membuat ketua RT dan RW di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan, sumringah. Pasalnya, gaji mereka yang berkisar Rp 350 ribu akan naik tiga kali lipat menjadi Rp 1 juta.

Namun begitu, ternyata kebijakan tersebut menimbulkan tidak hanya membuat jabatan RT menjadi diperebutkan, tapi juga ada efek lain di luar dugaan Pemkot Prabumulih. Sebab, tidak sedikit desa yang ingin memekarkan RT demi ikut kecipratan dana tersebut.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Sarpan Sahir mengakui bahwa hal itu bisa saja terjadi. Apalagi sudah ada masyarakat yang mulai mewacanakan pemekaran.

"Karena tergiur, hal itu bisa saja terjadi," ujar Sarpan seperti diberitakan RMOLSumsel, Jumat (20/7).

Namun demikian, Sarpan menegaskan bahwa keinginan masyarakat untuk melakukan pemekaran RT belum bisa direalisasikan pada tahun ini lantaran Pemkot Prabumulih terkendala anggaran.

"Untuk pelaksanaan kita lihat anggaran dulu, tapi kalau mereka mengusulkan silahkan saja," ungkapnya.

Usulan penambahan RT tersebut, kata Sarpan, bisa dihitung ditahun 2019 mendatang. Namu, hingga saat ini belum satupun masyarakat yang mendaftar.

Dijelaskan Sarpan, berdasarkan Perwako pemekaran memang bisa dilakukan setidaknya bila jumlah warga sudah mencapai 50 KK. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA